Bontang Kuala Tak Lagi Zona Hijau, Ada Orang Tanpa Gejala Corona

Dinas Kesehatan Minta Hentikan Stigma Negatif pada Penderita

INTREN.ID, BONTANG – Status zona hijau alias tidak terdeteksi kasus virus corona baru (Covid-19) di Kelurahan Bontang Kuala (BK) berakhir. Lantaran pada Rabu (29/4/2020), terdeteksi satu orang dalam kategori Orang Tanpa Gejala (OTG).

Dari keterangan resmi Dinas Kesehatan (Diskes) Bontang, terdapat penambahan OTG sebanyak 7 orang dan Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 2 orang. Salah satu penambahan kasus OTG tersebut adalah di wilayah Kelurahan Bontang Kuala (BK).

Alhasil, BK yang di peta sebaran corona semula berwarna hijau, kini berubah menjadi zona biru. “Saat ini akumulasi untuk OTG sebanyak 103 kasus dan ODP sebanyak 90 kasus,” tulis Diskes Bontang di aku facebook mereka.

Terkait kasus konfirmasi Covid-19, diketahui belum terjadi penambahan. Saat ini kasus terkonfirmasi sebanyak 9 kasus. Delapan di antaranya masih dirawat di RSUD Taman Husada dan satu orang dinyatakan sembuh.

Diskes Bontang melalui Tim Gugus Percepatan Covid-19 dalam kesempatan ini pun kembali meminta masyarakat untuk menyetop stigma negatif tentang Covid-19. Penyakit tersebut bukanlah aib dan bisa menyerang siapa saja tanpa pandang bulu.

Untuk itu, mereka memohon kepada masyarakat untuk jujur kepada petugas medis, demi keselamatan bersama. “Masyarakat diimbau tetap tenang dan tunda mudik demi mengurangi penyebaran virus Covid-19,” imbau Diskes. (***)

Reporter: Bambang Al-Fatih

Get real time updates directly on you device, subscribe now.