Bontang Belum Cabut Status KLB Corona Meski Nol Kasus, Ini Alasannya

INTREN.ID, BONTANG – Tim Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 Bontang sudah mengumumkan Kota Taman kembali nol kasus corona, Kamis (11/6/2020). Namun hal itu tidak serta-merta membuat status Kejadian Luar Biasa (KLB) langsung dicabut oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Bontang.

“KLB baru bisa dicabut jika dalam 28 hari tidak ada kasus baru lagi,” ujar Wali Kota Bontang, Neni Moerniaeni saat melakukan konferensi pers secara online.

Untuk itu agar tidak ada lagi penambahan kasus positif Covid-19 sehingga status KLB bisa dicabut, dirinya meminta masyarakat tetap mengikuti protokol kesehatan. Hal ini dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Sebagai salah satu bentuk upaya pencegahannya, Pemkot masih akan memperpanjang penjagaan di Tugu Selamat Datang selama satu bulan ke depan. Hal ini untuk mendeteksi orang-orang yang masuk Kota Taman baik dari wilayah zona merah maupun zona hitam.

- ADVERTISEMENT -

“Kami tidak berharap dan tidak mau ada gelombang kedua. Makanya kami lakukan pencegahan. Salah satunya lebaran kemarin kami tidak melakukan Salat Id berjemaah,” bebernya.

Nihilnya kasus corona di Bontang saat ini, langsung mengubah status warna zona. Jika sebelumnya berstatus zona kuning, kini telah berubah menjadi zona hijau atau zona aman. Meskipun begitu Neni berpesan agar semua pihak tak boleh lengah. Tetap melakukan social distancing, mencuci tangan dengan sabun, melakukan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), serta tetap menggunakan masker.

“Kita tak boleh lengah karena kita tidak bisa melihat virus. Dari microskop saja susah. Maka harus menggunakan masker sebagai komitmen kita memutus mata rantai Covid-19. Kalau tidak menggunakan masker bisa jadi tertular,” tegas Neni. (***)

Reporter: Bambang Al-Fatih

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.