BNN Gandeng Dishub, Ajak Masyarakat Bersih dari Narkoba

INTREN.ID, BATAM – Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Batam bekerja sama dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batam, mengajak masyarakat untuk berkarya agar bersih dari narkoba. Caranya melalui website REAN.ID.

Sebagai promosi, aplikasi tersebut dipasang di 15 bus dengan tujuan Batam Center-Piayu, Sekupang-Batam Center, serta Tanjung Uncang-Batam Center, Kamis (9/4/2020).

Plt Kepala BNN Kota Batam, Tumpak Manihuruk mengatakan, aplikasi REAN.ID merupakan media informasi, edukasi, dan sumber informasi yang dikemas dengan konten berliterasi di bidang pencegahan narkoba.

Aplikasi ini bertujuan melibatkan remaja atau generasi milenial sebagai aktor utama dalam setiap kegiatan. Mengunggah seluruh aktivitas Drug Free Exhibition Day dan hasil karyanya dalam Rumah Edukasi Anti Narkoba.

“REAN.ID juga menyediakan ruang bagi remaja untuk mengakses informasi dan edukasi bidang pencegahan melalui konten-konten dan literatur digital dalam halaman Rumah Edukasi Anti Narkoba,” kata Tumpak.

REAN.ID yang merupakan kepanjangan dari Rumah Edukasi Anti Narkoba mencangkup tiga hal. Yakni media informasi, media edukasi, dan sumber informasi. Ketiga hal tersebut memiliki fokus yang berbeda-beda.

Untuk media informasi bagi remaja Indonesia berjejaring, belajar, berbagi cerita, dan inspirasi. Sedangkan untuk media edukasi untuk remaja Indonesia yang mampu mengekspresikan karya, menggali potensi, membangun kepercayaan diri guna memperkuat citra remaja dan untuk sumber informasi dan edukasi difokuskan untuk remaja yang membuat konten berliterasi di bidang pencegahan narkoba.

Sementara Kepala Dishub Kota Batam, Rustam Efendi mengatakan, gunanya program ini adalah terjalin hubungan “KITABISACEGAH” dengan remaja yang terlibat langsung dalam proses produksi konten pencegahan (co-produce), tersedianya media bagi remaja untuk berekspresi dalam pencegahan narkoba (co-creator), terbentuk jati diri remaja sebagai role model pencegahan narkoba (co-brand), serta terbangunnya literasi informasi dan edukasi pencegahan narkoba bagi remaja (co-respon).

“Tentunya hal ini bisa sangat berguna bagi para remaja milenial, yang sangat butuh website dengan bermuatan berbagai hal positif. Terlebih di saat adanya pandemi Covid-19 ini yang mengharuskan dan memperbanyak kegiatan di dalam rumah,” kata Rustam. (***)

 

Reporter: Agung Maputra

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.