- ADVERTISEMENT -

- ADVERTISEMENT -

BMI Ingatkan Garuda Indonesia Jangan Gegabah Tawarkan Pensiun Karyawan

INTREN.ID, JAKARTA – PT Garuda Indonesia melalui Direktur Utamanya, Irfan Setiaputra menawarkan pensiun dini bagi karyawannya. Dengan alasan agar Garuda Indonesia tetap bertahan di masa pandemi virus corona baru (Covid-19). Hal ini mendapat sorotan dari organisasi sayap Partai Demokrat, Bintang Muda Indonesia (BMI).

Departemen Advokasi dan Pengembangan SDM Dewan Pimpinan Nasional BMI, Deddy Ali mengatakan, Garuda Indonesia kiranya harus berhati hati. Jangan sampai opsi tersebut menjadi kebijakan gegabah.

Meski begitu, mengambil opsi pemutusan hubungan kerja (PHK) hukumnya juga dilarang. Sebisa mungkin upaya-upaya PHK dan turunannya harus dicegah. “Dalam menghadapi dampak negatif Covid-19 pun, perusahaan dan pengusaha jangan sampai melakukan PHK,” ujarnya.

Karena itu menurutnya perusahaan harus mempunyai langkah-langkah alternatif dan strategis. Agar pekerja/buruh tidak di-PHK dan perusahaan tetap berjalan. Namun jika tidak terhindarkan dan PHK harus dilakukan, maka hukumnya wajib berdasarkan ketentuan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan dan peraturan lainnya yang terkait.

- ADVERTISEMENT -

“Maka dari itu serikat buruh mutlak harus dilibatkan, agar opsi yang nantinya akan diambil tidak merugikan salah satu pihak. Namun juga jangan sampai prosesnya itu politis, karena seringkali perusahaan memonopoli putusan dengan hanya melibatkan kelompok buruh yang pro, sehingga dengan mudah menyingkirkan kelompok yang terkadang punya suara berbeda,” urainya.

Selain itu, dalam situasi seperti ini pemerintah harus cepat mengambil peran sebagai mediator. Karena selama masalah Covid-19 belum berakhir, kemungkinan-kemungkinan terburuk dalam dunia usaha akan terus bermunculan.

“Langkahnya bisa berkoordinasi dengan serikat buruh, membuat posko pengaduan. Agar kasus perselisihan hubungan kerja yang kemungkinan juga akan terjadi, bisa segera teratasi dengan efektif,” tandasnya. (***)

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.