Bertepatan dengan Hari Jadinya yang ke-24, BUMA Borong Penghargaan di Ajang Opexcon 2022

INTREN.ID, JAKARTA – PT Bukit Makmur Mandiri Utama atau yang karib disapa BUMA menunjukkan kelasnya sebagai mitra kerja jasa pertambangan kelas dunia. Di ajang Opexcon ke-11 tahun 2022, yang mengambil tema “Innovation for Stronger Recovery & Growth” di Jakarta, Rabu (7/12/2022), BUMA meraih sejumlah penghargaan.

Improvement tanpa henti ini akhirnya berbuah manis. Raihan prestasi itu sekaligus menjadi kado istimewa karena bertepatan dengan perayaan ulang tahun ke-24 BUMA. Ini juga sekaligus menjadi penegas bahwa BUMA adalah bagian dari semangat “Plan Better, Act Faster”.

Opexcon adalah sebuah ajang, di mana perusahaan besar di Indonesia dalam kategori service manufactur serta mining & energy berkumpul, dan beradu tentang proyek-proyek “Continuous Improvement” masing-masing sesuai dengan kaidah PDCA, Six Sigma, maupun Design Thinking.

Dalam kesempatan tersebut, BUMA hadir dengan perwakilan dari Site Lati dan Site SDJ yang menorehkan prestasi. Keduanya meraih silver medal dan bronze medal pada kategori “Mining & Energy”.

Untuk silver medal, BUMA Lati meraih penghargaan dengan proyek: Reduce component cost management of repair & maintenance cost by managing component rebuild at site (Dhimas Bagus Wicaksono, PLTs Planner).

Sedangkan BUMA SDJ meraih penghargaan dengan proyek: Menurunkan loss hour training basi operator karena SP II “Meninggalkan Area Kerja Tanpa Izin” sebesar 74 persen pada April-Agustus 2022 (Aditya Ramadhan, LCD).

Pada kategori bronze medal, BUMA Lati menghadirkan proyek: Reduce pipline-leak on Komatsu PC6000-6 to improve it mean time bertween stopage (Iddhar Suwanda, PLTs Planner).

Sementara, BUMA SDJ hadir dengan proyek:

  • Meningkatkan inventory minecable coal sebesar 80 persen pada Januari-Maret 2022 (Qoldul Mas’id, Engineering)
  • Menurunkan loss PTY karena material lumpur sebesar 54 persen pada Januari-Maret 2022 (Indira Intan Purnamasari, engineering)
  • Menurunkan pending volume di IUP TBR sebesar 42 persen pada Maret 2022 (I Made Sapta Hadi, engineering)
  • Menurunkan waktu transfer dua request oli fast moving sebesar 48 persen pada Februari-Mei 2022 (Heri Gunawan, PSCM)

Penghargaan ini menjadi semangat bagi BUMA untuk terus melakukan perbaikan berkelanjutan di semua lini operasional dan terus mencari ruang perbaikan untuk dapat bertumbuh dan berproduksi secara aman, sehat, selamat, produktif, dan efisien.

BUMA juga menyampaikan terima kasih untuk dukungan para penggiat perbaikan berkelanjutan dan semua lini operasional yang telah membawa nama baik bagi BUMA sebagai perusahaan yang mempunyai budaya dan selalu melakukan improvement untuk peningkatan kinerjanya. (***)

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.