- ADVERTISEMENT -

- ADVERTISEMENT -

- ADVERTISEMENT -

Berpusat di Laut Jawa, Gempa Bumi Magnitudo 6,1 Getarkan Tiga Pulau

INTREN.ID, JAKARTA – Gempa bumi kembali terjadi di wilayah Jawa, Bali dan Lombok, Selasa (7/7/2020). Gempa bermagnitudo 6,1 tersebut terjadi sekira pukul 05.54 WIB.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menginformasikan, pusat gempa berada di 53 kilometer barat laut dari Jepara, Jawa Tengah (Jateng). Tepatnya di koordinat 6.12 LS,110.55 BT di Laut Jawa.

Gempa bumi yang bersumber dari kedalaman 578 kilometer ini dirasakan di sejumlah wilayah di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara. Dengan kuat getarannya berbeda pada masing-masing daerah.

- ADVERTISEMENT -

Getaran berskala III MMI (Modified Mercalli Intensity) dirasakan di Mataram, Kuta, Nganjuk, Yogyakarta, dan Purworejo. Pada daerah-daerah tersebut, getaran yaitu terasa nyata dalam rumah, seakan-akan ada truk berlalu.

Di Karangasem, Banjarnegara, Gianyar, Pangandaran, dan Boyolali, getaran yang dirasakan berskala II MMI. Dalam skala ini, getaran dirasakan oleh beberapa orang, dengan benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Sementara di Denpasar dan Kebumen, skalanya antara II hingga III MMI.

“Gempanya dirasakan luas yah sobat, jadi jangan heran jika sumber gempanya di Utara Jawa namun berasa hingga Mataram atau Lampung,” terang akun instagram resmi BMKG di @infobmkg seraya menampilkan keterangan bahwa gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. (***)

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.