Berpotensi Dongkrak Pendapatan Daerah, Bakhtiar Wakkang Usulkan Modernisasi Pasar di Bontang

INTREN.ID, BONTANG – Zaman sudah semakin berkembang. Arus teknologi pun merambah ke semua sektor kehidupan. Tak terkecuali sektor ekonomi. Kini secara perlahan, aktivitas transaksi sudah mengarah ke sistem digitalisasi. Kendati cara-cara konvensional masih dilakukan.

Anggota DPRD Bontang, Bakhtiar Wakkang melihat adanya potensi tersebut. Menurutnya, modernisasi dapat mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD). Yang mana, sistem digitalisasi di pasar dapat dikolaborasikan dengan cara-cara konvensional.

“Kita bisa memadukan antara cara konvensional dengan online. Ini masukan bagi pemerintah untuk dikaji lebih lanjut. Ada peluang untuk meningkatkan pendapatan daerah di sektor pasar ini. Transaksi pun menjadi semakin mudah,” kata politisi Nasdem tersebut.

Tak hanya mendongkrak pendapatan, menurut Bakhtiar, penerapan digitalisasi pada pasar juga akan membantu menata dan mendata para pedagang di pasar. Sehingga bisa dipetakan, mana pedagang yang punya izin dan membayar pajak retribusi daerah.

“Semacam dibuatkan aplikasinya. Selain untuk transaksi, juga untuk mendata. Ini sejalan dengan misi Kota Bontang dalam mewujudkan Smart City,” tutupnya. (***/adv)

Reporter: Herdianto

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.