Berikan Keamanan dan Kenyamanan bagi Pengunjung, Beverly Hotel Batam Terapkan Scan QR Code PeduliLindungi

INTREN.ID, BATAM – Beverly Hotel Batam telah menerapkan penggunaan fitur quick response (QR) code untuk aplikasi PeduliLindungi. Di mana fungsinya sebagai pemeriksaan kelengkapan dokumen perjalanan, penggunaan moda trasportasi umum, masuk fasilitas umum, dan tempat pariwisata.

General Manager Beverly Hotel Batam, Yeyen Heryawan mengungkapkan, scan QR code tersebut telah disediakan di semua pintu masuk Beverly Hotel Batam, restoran, serta seluruh ruangan meeting.

“Dengan begitu menjadi salah satu penginapan bintang empat di Kota Batam yang telah menerapkan hal serupa (penggunaan scan QR code PeduliLindungi, Red.),” ucap Yeyen, Senin (4/10/2021).

Dia menambahkan, semua tamu yang akan masuk ke dalam area hotel wajib melakukan scan. Hal tersebut juga berlaku untuk meeting, incentive, convention, exhibition serta seluruh karyawan.

Menurutnya, hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan bagi pengunjung dan wisatawan yang datang ke Beverly Hotel Batam, serta membantu pemerintah dalam menelusuri kontak tracking dan tracing demi memperkuat upaya penurunan penyebaran Covid-19.

“Aplikasi ini membantu meningkatkan partisipasi masyarakat guna melaporkan lokasi dan riwayat perjalanan selama pandemi. Diharapkan dengan adanya program ini, sektor pariwisata di Kota Batam, serta tingkat hunian kamar di hotel, khususnya di Beverly Hotel Batam segera membaik,” ungkapnya.

Yeyen yang juga Ketua DPD Indonesia Hotel General Manager Association (IHGMA) Kepri berharap dengan adanya program ini hunian kamar dapat meningkat, serta sektor pariwasata Kota Batam, khususnya Kepri segera membaik.

Berikut cara scan barcode sertifikat vaksin di PeduliLindungi:

  1. Buka atau download dan instal aplikasi PeduliLindungi lewat PlayStore atau AppStore.
  2. Selesai instal, buka aplikasi dan buat akun dengan mengisi nama lengkap, nomor ponsel, dan nomor KTP (NIK) atau login bagi yang telah mendaftar.
  3. Masukkan kode OTP untuk verifikasi. Kode OTP dikirim lewat SMS ke nomor ponsel yang didaftarkan.
  4. Berikan akses izin lokasi, penyimpanan, dan kamera untuk menunjang aplikasi.
  5. Setelah berhasil daftar dan login, Anda akan melihat menu dashboard aplikasi PeduliLindungi. Pilih menu scan QR code.
  6. Setelah dipindai, akan muncul informasi disertai barcode yang ditandai dengan warna hijau, oranye, merah, atau hitam yang memiliki arti tersendiri.

Berikut juga keterangan hasil berdasarkan warna:

  • Warna Hijau: Jika menunjukkan warna hijau menandakan kita bisa melanjutkan aktivitas dalam ruang publik.
  • Warna Oranye: Menunjukkan pengunjung diperbolehkan masuk setelah petugas melakukan verifikasi lebih lanjut dan menyesuaikan kebijakan dengan pengelola tempat.
  • Warna Merah: Menunjukkan kita belum divaksin dan tidak dapat memasuki area publik, sangat diimbau untuk segera vaksinasi.
  • Warna Hitam: Menandakan kita terpapar atau pernah memiliki riwayat kontak dengan penyintas Covid-19. Kriteria ini dilakukan evaluasi agar tidak melakukan aktivitas dalam meningkatkan terjadinya kasus. Pengunjung yang memiliki status warna ini tidak diperbolehkan masuk ke tempat umum. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.