Beredar Dugaan Terjadinya Pungli Terhadap Agen Kapal di Batam, Begini Penjelasan Pihak Imigrasi

INTREN.ID, BATAM – Imigrasi Kelas 1 Khusus Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Batam angkat bicara terkait informasi adanya dugaan pungutan liar (pungli) terhadap para agen kapal yang dilakukan oknum pejabat mereka.

Kepala Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (Kabid Infokim) Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus TPI Batam, Tessa Harumdila mengatakan, dengan adanya informasi tersebut membuat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) serta Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di Imigrasi Batam menurun.

“Dengan beredarnya informasi tentang pungli di lingkungan Imigrasi Batam membuat peringkat Imigrasi Batam menurun dari program WBK/WBBM,” ujar Tessa Senin (5/7/2021) di Media Center Imigrasi Batam.

Berdasarkan informasi yang beredar di masyarakat, pihaknya sudah melakukan pemeriksaan terhadap seluruh karyawan Imigrasi yang bertugas di wilayah pelabuhan Batu Ampar.

“Dari inisial nama yang kita terima, tidak ada yang sesuai dengan inisial tersebut, dan semua kinerja karyawan juga dilakukan pengecekan, dan tidak ditemukan adanya tindakan pungli tersebut,” paparnya.

Bahkan, Tessa juga telah berkomunikasi dan mengadakan pertemuan dengan seluruh agen kapal di Kota Batam untuk mempertanyakan, apakah ada agen-agen kapal yang merasa dirugikan oleh Imigrasi Batam.

“Dari hasil pertemuan ini, tidak ada agen kapal yang menyampaikan atau berkomentar adanya pungli di Imigrasi Batam, dan semua berjalan dengan normal sebagaimana mestinya sesuai dengan aturan yang ada,” katanya.

Imigrasi Batam juga menyampaikan kepada seluruh agen kapal maupun yang lainnya, jika memang ada karyawan Imigrasi Batam yang melakukan pungli, silakan laporkan langsung ke Imigrasi Batam.

“Jika memang ada pungli di wilayah Imigrasi Batam, silakan adukan langsung kepada pihak kita di Imigrasi Batam agar bisa kita tindak langsung,” tegasnya. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.