Berbagi Alat Kesehatan, Mustofa Widjaja Bagikan Hand Sanitizer

INTREN.ID, BATAM – Yuna dan para warga Sei Beduk, Kota Batam lainnya girang bukan kepalang. Mereka bersyukur dan mengucapkan terima kasih atas bantuan hand sanitizer yang diberikan oleh tim relawan dari bakal calon wali kota, Mustofa Widjaja, Selasa (31/3/2020).

“Alhamdulillah, dapat bantuan yang memang saat ini menjadi kebutuhan kami. Apalagi di tengah menyebarnya virus corona ini,” kata Yuna, warga Perumahan Buana Garden, Sei Beduk.

Sementara, Heri yang juga warga setempat mengatakan, distribusi hand sanitizer ini merupakan paling tepat sasaran. Di mana warga di kalangan menengah ke bawah sangat membutuhkan perhatian hal semacam ini.

“Kami juga berharap, ke depannya diadakan penyemprotan disinfektan di area perumahan kami,” harapnya

Sementara itu, dikatakan oleh Nurul, salah seorang relawan Mustofa Widjaja, bahwa kegiatan hari ini telah menyalurkan lebih dari 500 botol hand sanitizer kepada masyarakat dari kawasan Tiban, Tanjung Uncang, Tembesi, hingga Sei Beduk.

“Tujuan kami, masyarakat di kalangan menengah ke bawah,” Kata Nurul.

- ADVERTISEMENT -

Untuk saat ini, pihanya masih terus menyiapkan cairan hand sanitizer yang diramu secara mandiri bersama timnya menggunakan air rebusan daun sirih.

Nurul juga mengungkapkan cara memasak dengan proses dobel boiler (tim). Panci diisi dengan air, direbus sampai mendidih. Kemudian, di atasnya ditumpangi baskom stainless steel berisi air satu gelas belimbing dan 10 lembar daun sirih yang dicacah.

Setelah itu, air disaring dan siap digunakan untuk hand sanitizer maupun bahan baku disinfektan. Lama masa simpan ekstrak daun sirih jika disimpan rapat di kulkas bisa bertahan satu bulan.

Untuk ke depannya, Nurul bersama timnya akan membagikan 1.000  botol hand sanitizer kepada masyarakat langsung dan juga melakukan penyemprotan disinfektan.

“Kami mencoba membantu menyiapkan dan memberikan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Yang kami harapkan Batam dan Indonesia segera terbebas dari pendemi Covid-19 (corona, Red.) ini,” harapnya. (***)

 

Reporter: Agung Maputra

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.