Beragam Alasan Taksi Identik dengan Warna Kuning

INTREN.ID, WINA – Sebenarnya warna kuning memang bukan satu-satunya warna taksi yang ada. Saat ini bahkan sudah banyak variasi warna taksi mulai dari biru, putih, dan yang lainnya.

Namun, tahukah kamu jika warna kuning ini identik dengan taksi-taksi klasik yang punya catatan sejarah. Warna kuning pada taksi sudah dikenal sejak abad ke-15 dan menjadi salah satu kendaraan umum legendaris di masanya.

Mau tahu kenapa kuning menjadi warna pertama sebuah taksi?

Banyak cerita yang beredar jika warna taksi kuning ini pertama kali diperkenalkan oleh seorang pengusaha bernama Francesco Tasco. Ia seorang pengusaha di bidang pos. Kendaraan roda empat berwarna kuning digunakan oleh Tasco untuk memperluas layanannya ke berbagai daerah.

Warna kuning dipilih karena dinilai netral dari kepentingan politik yang ada pada waktu itu. Inovasi Tasco ini pun direstui Kaisar Austria, lalu ia diberi gelar Toree e Tasso.

Amerika mengklaim bahwa warna taksi kuning pertama kali berasal dari negaranya. Pada tahun 1907 seorang pengusaha Amerika bernama Harry Allen mengimpor kendaraan roda empat yang diklaim berwarna kuning dari Prancis ke New York.

Dia disebut-sebut sebagai pengusaha taksimeter pertama yang ada di Amerika.

Pada tahun 1912, seorang pengusaha taksi Amerika bernama Rockwell diketahui mengecat kendaraan bisnisnya menjadi warna kuning atas permintaan istrinya.

Dia bahkan diketahui mengambil langkah hukum untuk mematenkan warna kuning pada kendaraan-kendaraan bisnisnya, atau yang dikenal dengan istilah taksi kuning.

Di Amerika, warna kuning pada taksi ternyata erat kaitannya dengan undang-undang transportasi di negera itu. Warna kuning masuk dalam kelompok jenis taksi tertentu sehingga mau tak mau pengusaha taksi dengan kelas tersebut harus memberi warna kuning pada kendaraannya. (red)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.