Bengkong Zona Merah Corona, Empat Masjid Masih Nekat Tarawih Berjemaah

Pemko Batam Sampai Harus Hadirkan Kepala Kanwil Kemenag

INTREN.ID, BATAM – Kecamatan Bengkong, Batam sudah ditetapkan menjadi zona merah Corona Virus Disease (Covid-19). Hal ini setelah empat pasien terkonfirmasi positif Covid-19 dan satu di antaranya meninggal dunia dan sempat salat berjemaah di masjid.

Mirisnya, masih ditemukan masjid di Bengkong yang nekat menggelar salat tarawih berjemaah. Sebagaimana diungkapkan Koordinator Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 wilayah Bengkong Yumasnur.

Yumasnur mengatakan, pihaknya terus menggelar inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah masjid. Kegiatan ini bukan untuk melarang warga beribadah, namun lebih pada mengedukasi warga untuk meminimalisasi penyebaran Covid-19.

“Semalam (Jumat, 8/5/2020) kami turun lagi. Ada empat masjid yang kami temui dan masih kedapatan salat tarawih berjemaah,” kata Yumasnur, Sabtu (9/5/2020).

Dari hasil penelusuran tim, empat masjid yang ditemukan masih menggelar salat berjemaah itu ada yang sudah menggelar salat. Ada yang hendak menggelar salat, bahkan ada yang hampir selesai salat.

- ADVERTISEMENT -

“Sudah kami panggil semua pengurus masjid dan langsung kami ingatkan,” sebutnya.

Dalam hal ini Yumasnur meminta warga Bengkong mengikuti imbauan pemerintah. Hal ini penting demi kemaslahatan bersama. Dia mengatakan setelah ada imbauan ini, warga diminta untuk patuh tidak menggelar salat jemaah di masjid.

“Jika masih kami temukan, langsung kami bawa untuk dikarantina,” tegas Yumasnur.

Untuk mengedukasi warga yang membangkang, pihaknya juga sudah mendatangkan Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Batam Zulkarnain. Agar warga memahami imbauan yang kita berikan.

“Agama (Islam) juga sudah mengajarkan bagaimana kita menghadapi suatu wabah,” tandas Yumasnur. (***)

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.