Belum Ada Parpol yang Lolos Verifikasi Faktual, KPU Masih Beri Kesempatan Lakukan Perbaikan

INTREN.ID, JAKARTA – Tahapan masa perbaikan diharapkan bisa dimanfaatkan sembilan partai politik (parpol) non parlemen yang tengah mengikuti tahap verifikasi faktual. Mereka dinyatakan belum memenuhi syarat dalam penyampaian hasil verifikasi faktual pada akhir pekan lalu.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan belum ada satu pun partai yang memenuhi syarat dalam verifikasi faktual. Sembilan partai tersebut adalah PSI, Partai Ummat, Partai Kebangkitan Nusantara, Partai Hanura, Partai Gelora, Partai Perindo, PBB, Partai Garuda dan Partai Buruh.

Komisioner KPU, Idham Holik enggan membahas lebih detil soal kelaikan sembilan parpol tersebut. Termasuk soal kans mereka apakah bisa memenuhi perbaikan atau tidak nantinya.

“Yang jelas, dari hasil verifikasi faktual belum ada yang memenuhi syarat. Kami masih memberi kesempatan perbaikan. Kami berikan waktu, sebagaimana hak yang diberikan pada parpol sebelumnya untuk melakukan perbaikan,” katanya.

Dia berharap, waktu yang ada dimaksimalkan parpol sebaik mungkin. Sehingga kebutuhan perbaikan data persyaratan data dapat dipenuhi. KPU sendiri, tidak mempublikasikan sejauh mana kekurangan masing-masing partai.

Sebagaimana keputusan KPU Nomor 384 tentang pedoman pendaftaran parpol, parpol diberi waktu dua pekan atau hingga 23 November 2022 untuk menyerahkan berkas perbaikannya. Nantinya, berkas perbaikan akan diverifikasi ulang ke lapangan. (***)

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.