Belasan Ribu Hewan Kurban di Batam Siap Penuhi Kebutuhan Iduladha

INTREN.ID, BATAM – Sebanyak 13.980 ekor hewan kurban di Batam telah selesai dilakukan pemeriksaan oleh Tim Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP). Kini dinyatakan sehat serta layak memenuhi kebutuhan hewan kurban pada Iduladha 1441 H.

Kepala DKPP Batam Mardanis mengatakan, seluruh sapi dalam keadaan sehat. Sedangkan untuk kambing ada beberapa yang sedang sakit mata. “Namun secara keseluruhan, kondisinya dalam keadaan yang baik,” kata Mardanis, Senin (27/7/2020).

Berdasarkan data DKPP, Pada tahun ini terdapat 87 pedagang yang ada di Batam, 47 berlokasi di Sei Temiang sementara sisanya tersebar di beberapa kecamatan. “Untuk hewan kurban terdiri dari 10.446 ekor kambing dan 3.534 ekor sapi,” ungkapnya.

Dengan ada beberapa kondisi kesehatan, pihaknya juga sudah meminta kepada para penjual untuk mengobati hewan tersebut. Karena Tim DKPP akan melakukan pengecekan kembali sebelum hewan kurban diperjuangkanbelikan.

Lanjut Mardanis, selain melakukan pengecekan kesehatan hewan jelang Iduladha, tim DKPP akan kembali melakukan pemeriksaan pascapemotongan atau sebelum pendistribusian.

“Insyaallah nanti di hari H kami akan turun pengawasan lagi. Guna memastikan dagingnya layak konsumsi dan tidak ada penyakit seperti cacing di hati,” kata Mardanis.

Menurutnya, jumlah hewan ternak yang tersedia tahun ini lebih banyak dari tahun sebelumnya. Karena pada Iduladha tahun lalu jumlah hewan yang didata DKPP hanya berjumlah 13.138 ekor.

“Hewan ternak ini tak hanya untuk memenuhi kebutuhan kurban. Tetapi juga kebutuhan penjualan di pasar yang biasa meningkat di musim hari raya,” ungkapnya. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.