Belajar di Rumah Diperpanjang, PPDB Batam Tetap Sesuai Jadwal

INTREN.ID, BATAM – Pemerintah Kota (Pemko) Batam resmi memutuskan masa belajar di rumah bagi siswa TK, SD dan SMP. Baik sekolah negeri ataupun swasta akan diperpanjang hingga 13 Juli 2020 mendatang.

Kendati demikian, masa Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk Tahun Pelajaran (TP 2020/2021) masih akan berjalan sesuai yang dijadwalkan dari Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam. Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Batam Hendri Arulan mengatakan, PPDB tersebut dimulai 10 sampai dengan 26 Juni 2020 mendatang.

“Dan untuk pengumumannya pada tanggal 29 Juni,” ucap Hendri, Kamis (28/5/2020).

Nantinya calon peserta didik diminta mengisi formulir pendaftaran secara online pada website dan mencetaknya. Sementara untuk hasil pendaftar bisa dipantau pada laman http://ppdb-batam.id.

Beberapa berkas yang harus disiapkan, antara lain:

1. Kartu keluarga (KK) atau dapat diganti dengan surat keterangan domisili dari RT dan RW. Dilegalisasi lurah sesuai domisili calon peserta didik, dengan KK tetap dilampirkan.

2. Kartu Program Keluaraga Harapan (PKH)/ Kartu Indonesia Pintar (KIP) bagi jalur afirmasi.

3. SK mutasi bagi jalur perpindahan orang tua.

- ADVERTISEMENT -

4. Surat keterangan telah menamatkan kelas VI SD.

5. Surat keterangan prestasi akademik dengan akumulasi nilai rapor selama 5 semester terakhir bagi jalur prestasi nilai rapor.

6. Sertifikat akademik dan non akademik bagi siswa berprestasi (nilai prestasi di luar rapor).

Pendaftaran tersebut nantinya akan menggunakan aplikasi atau melalui website yang saat ini telah rampung dipersiapkan.

“Semua pendaftaran kami lakukan secara daring. Yang masih sesuai dengan arahan surat edaran. Dan semua orang tua harus mengerti akan hal tersebut,” ungkapnya.

Untuk PPDB di sekolah swasta, Disdik telah mengizinkan dimulai sejak beberapa waktu lalu. Harapannya bisa mencapai keseimbangan siswa di sekolah negeri ataupun swasta. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.