Bayi yang Dibuang Ternyata Lahir di Puskesmas Sei Pancur

INTREN.ID, BATAM – Temuan bayi yang sempat menghebohkan warga Kampung Pancur Tower 2, RW 02/RW 11 Kelurahan Duriangkang, ternyata dilahirkan di Puskesmas Sei Pancur. Hal tersebut disampaikan Kepala Puskesmas Sei Pancur, M Hatta Syaifullah.

Hatta menyebut, bayi yang dibuang dalam kondisi masih merah itu dilahirkan di Puskesmas pada Selasa (19/5/2020) siang. Sang Ibu sebelumnya mendatangi puskesmas tersebut dengan keluhan mulas pada perut.

Melihat kondisi tersebut, tim medis langsung membawa yang bersangkutan ke ruang persalinan. Tak berselang lama sekira pukul 14.30 WIB, sang ibu berhasil melahirkan bayi laki-laki tersebut dengan keadaan normal dan dalam keadaan baik.

“Tetapi sang Ibu yang ditemani oleh seorang laki-laki tersebut meminta pulang ke rumah, sekira pukul 21.00 WIB,” beber Hatta kepada Intren.id.

“Kami perbolehkan pulang karena itu kemauan dari sang ibu. Tetapi kami edukasi juga cara-cara perawatannya agar tidak salah langkah,” imbuhnya.

Akan tetapi sekira pukul 23.00 WIB, tim jaga puskesmas mendapatkan informasi adanya penemuan bayi. Setelah dibawa ke puskesmas dan diperiksa, ternyata bayi laki-laki temuan tersebut adalah bayi yang baru dilahirkan siangnya di fasilitas kesehatan itu.

- ADVERTISEMENT -

Hatta menyebut, saat ini pihanya telah merawat bayi mungil tersebut dengan kondisi kesehatan yang sangat baik. Bahkan ada perempuan yang mengaku sebagai nenek dari ibu sang bayi dan berencana mengambil bayi tersebut.

“Tetapi karena tidak ada indentitas yang jelas dari yang bersangkutan, kami tidak bisa memberikannya begitu saja. Saat ini masih kami rawat,” ungkapnya.

Sementara itu Kapolsek Sungai Beduk Iptu Awal Sya’ban Harahap menyampaikan telah mengamankan seorang wanita muda yang diduga sebagai pelaku pembuangan bayi mungil tersebut di wilayah Duriangkang pada Selasa (19/5/2020) malam.

“Telah kami amankan seorang wanita dan saat ini masih dalam tahap lidik. Nanti kami kabari ya untuk informasi selanjutnya,” kata Awal singkat. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.