Batasi Interaksi untuk Cegah Corona, CFD di Jakarta Ditiadakan

INTREN.ID, JAKARTA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memutuskan untuk meniadakan hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD) di kawasan Sudirman-Thamrin. Langkah ini dilakukan untuk mencegah penularan virus corona (Covid-19).

“Kegiatan hari minggu kita memiliki hari bebas kendaraan bermotor atau CFD. Untuk menjaga dan melindungi warga Jakarta dari potensi penularan (corona), Maka dua minggu ke depan Pemprov DKI Jakarta meniadakan HBKB,” kata Anies Baswedan selaku Gubernur DKI Jakarta di Balai Kota, Rabu (11/3/2020).

Bukan itu saja, Anies juga mengumumkan menunda perhelatan balap mobil listrik Formula E di Jakarta yang direncanakan 6 Juni 2020. Menurutnya, peniadaan dan penundaan itu merupakan langkah pencegahan dengan meminimalisasi kontak fisik warga di ruang publik. Selama dua pekan ditiadakan, Pemprov DKI Jakarta akan mengulas dan melihat perkembangan dari virus corona yang saat ini melanda Indonesia.

“Sesudah dua minggu ke depan kami akan pantau lagi ini, kami lakukan sambil melihat perkembangan penularan corona virus ini,” sebutnya.

Dijelaskan, langkah pencegahan awal ini berkaca dari negara-negara yang penyebaran corona virusnya cepat. Cepatnya penyebaran virus ditengarai lantaran tidak ketat dalam membatasi ruang interaksi.

“Misalnya di Italia dan Iran, mereka cenderung tidak ketat dalam membatasi ruang interaksi. Begitu meningkat drastis baru dilakukan pengetatan. Tetapi yang ketat dari awal ada Singapore, Vietnam, Selandia Baru, mereka melakukan pengendalian itu. Kami di Jakarta mengambil rute pengetatan di awal,” beber Anies. (***)

Penulis: Lukman Maulana
Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.