Batam Kekeringan, Masyarakat Sagulung Diajak Salat Istisqa Besok Pagi

INTREN.ID, BATAM – Pihak kepolisian dari Polsek Sagulung dan pihak Kecamatan Sagulung, Kota Batam, mengajak masyarakat setempat untuk melaksanakan salat istisqa, di lapangan SP plaza, sekira pukul 08.00 WIB,Β Sabtu (14/3/2020).

Ajakan ini dikarenakan Kota Batam sedang dilanda kemarau berkepanjangan. Kapolsek Sagulung, AKP Riyanto, menyatakan, langkah salat meminta hujan itu diambil untuk melanjutkan instruksi dari BP Batam yang sudah melaksanakannya terlebih dahulu pada Jumat (5/3/2020) di halaman parkir BP Batam.

“Kami ajak seluruh masyarakat untuk melaksanakan salat istisqa sebagai bentuk permohonan kita kepada Sang kuasa,” ajaknya, Jumat (13/3/2020).

Sementara itu Camat Sagulung, Reza Khadafi, menambahkan, surat undangan telah disebarkan ke seluruh masyarakat di Kecamatan Sagulung.

Pihaknya berharap masyakarat khususnya di area Kecamatan Sagulung bisa berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

“Undangan telah kita sebar dan kami berharap masyarakat untuk berkenan hadir,” sebut Reza.

Masyarakat yang akan mengikuti salat istisqa dapat membawa peralatan salat dan datang dalam keadaan suci atau telah berwudu.

Namun bagi yang terburu-buru, pihak panitia juga menyediakan tempat wudu dengan bekerja sama pihak pemadam kebakaran.

- ADVERTISEMENT -

Sementara itu Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan curah hujan pada Maret sangat rendah.

Dari data yang telah diterima, untuk kelembaban pekan ini berada diangka 60 persen, dengan suhu berkisar antara 26 sampai 33 derajat Celsius.

Dengan suhu tersebut, sinar matahari langsung sampai ke permukaan bumi dan mengakibatkan penguapan tinggi dan membuat Kota Batam terasa lebih panas.

“Puncak hujan normalnya terjadi di bulan Mei dan Desember. Adapun bulan Februari hingga Maret normalnya merupakan bulan dengan curah hujan paling sedikit,” ucap Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Kelas I Hang Nadim, Batam, Suratman, .

Dia menjelaskan, khusus wilayah Kepulauan Riau termasuk memiliki tipe hujan ekuatorial. Artinya hujan dapat terjadi sepanjang tahun atau tidak mengenal adanya musim hujan atau musim kemarau.

Di samping itu, BMKG juga mengimbau seluruh masyarakat khususnya di Kota Batam, turut membantu menjaga kelestarian alam di sekitar Daerah Aliran Sungai (DAS).

Dengan cara menjaga pepohonan yang ada sehingga tanah dapat menyimpan air yang cukup untuk kebutuhan masyarakat. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.