Batam Catat Pasien Pertama Sembuh dari Corona

Tak Ada Imunitas Permanen, Masih Bisa Tertular Kembali

 

INTREN.ID, BATAM – Kesembuhan pasien positif virus corona baru (Covid-19) yang terus bertambah turut terjadi di Batam. Jumat (17/4/2020) malam, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Batam Didi Kusmarjadi mengabarkan seorang pasien sembuh dari corona.

Dijelaskan, pasien bernomor 08 itu berasal dari klaster kantor atau klaster pemberdayaan. Klaster ini merupakan klaster penyebaran paling luas di Batam.

“Alhamdulillah ini pasien pertama yang sembuh dari Covid-19 di Batam,” kata Didi, Jumat (17/4/2020) malam.

Pernyataan telah sembuh dari Dinkes kota Batam tersebut atas hasil swab yang dilakukan sebanyak dua kali. Hasilnya menujukkan negatif Covid-19.

Diketahui, pasien nomor 08 tersebut menjalani isolasi di Rumah Sakit Badan Pengusahaan (RSBP) Batam. Sejak terkonfirmasi positif Covid-19 pada 9 April 2020 lalu.

Penjelasan pasien nomor 08 yang merupakan dari klaster kantor atau pemberdayaan karena berhubungan dengan 10 kasus Covid-19 lainnya. Di antaranya kasus nomor 09, anak dari pasien nomor 08 dan kasus nomor 10 yang merupakan suami dari pasien nomor 08.

Kasus lainnya adalah pasien-pasien dengan nomor 12, 13, 15, 16, 17, 22, 24 dan 25.

Meskipun telah dinyatakan sembuh, Tim medis masih menginstruksikan pasien tersebut untuk melakukan social distancing atau physical distancing. Serta selalu menggunakan masker.

“Meskipun telah dinyatakan sembuh, tetapi tidak ada imunitas permanen. Sehingga bisa tertular kembali,” ungkap Didi.

Didi juga mengungkapkan masih ada beberapa pasien yang menunggu hasil swab kedua. Sebelum bisa dinyatakan sembuh dari Covid-19. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.