Batam Bakal Kirim Peserta MTQ ke Tingkat Provinsi, Dengan Catatan….

INTREN.ID, BATAM – Wali Kota Batam, Muhammad Rudi berjanji akan kembali mengirimkan peserta Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Batam untuk berlaga di tingkat Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) yang akan datang. Hal tersebut disampaikan oleh Rudi saat menghadiri pembukaan MTQ di tingkat Kecamatan Batu ampar, Kamis (12/3/2020) malam.

“Insyaallah (kafilah) Batam tahun ini akan saya kirim kembali dalam perlombaan di tingkat provinsi,” kata Rudi.

Keputusan tersebut diambil oleh Rudi setelah Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Kepri, Isdianto mengatakan pada tahun ini hakim akan menggunakan sistem keterbukaan bagi seluruh masyarakat di Kepri. “Saya harus akui untuk tahun lalu, Batam tidak mengikuti MTQ di Kepri karena ada sesuatu hal,” jelasnya.

Menurut Rudi, Batam yang harusnya menjadi juaranya pada MTQ pada tahun sebelumnya. Namun bisa terkalahkan dengan Juri yang mungkin tidak sesuai dengan aturan. “Kita sama-sama mendengar bahwa Batam sebenarnya menjuarai, tetapi terkalahkan dengan Juri yang mungkin yang tidak sesuai dengan aturan,” ungkapnya.

Dengan perubahan sistem yang akan diberlakukan, Rudi berharap Batam bisa menjadi juara pada perlombaan ditingkat provinsi mendatang.

Dukungan penuh agar kegiatan semacam itu bisa terus dipertahankan juga datang dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Sebagaimana diungkapkan Direktur Penanggulangan Bencana dan Kebakaran Kemendagri, Safrizal.

- ADVERTISEMENT -

“MTQ ini merupakan ciri khas dari kota-kota yang berspiritual tinggi. Kegiatan yang seperti ini tentunya bisa meningkatkan nilai-nilai Islami dan kami sangat mendukung,” tuturnya singkat.

Pada lokasi yang sama, ketua panitia Yamin menyampaikan maksud dan tujuan diselenggarakannya kegiatan yang kini telah menjadi budaya di Bumi Melayu tersebut. “Dengan sering membaca, semoga bisa menjadi insan yang Qur’ani, dan para kaum muslimin bisa lebih bersatu sehingga tidak mudah terpecah belah,” kata Yamin.

Sementara itu Camat Batu Ampar Tukijan menjelaskan, juara bukanlah menjadi harapan utama. Namun pengamalan dalam kehidupan sehari-harilah yang menjadi hal terpenting. “Juara bukanlah menjadi target, namun apabila terpilih menjadi juara, ya alhamdulillah,” ungkap Tukijan.

Setidaknya lebih dari 2.000 peserta berpartisipasi dan meramaikan kegiatan pembukaan MTQ tersebut yang diawali dengan melakukan pawai. Mereka berasal dari seluruh TPQ dan Majelis Taklim yang ada di Kecamatan Batu Ampar. MTQ di tingkat kecamatan ini, akan terus berlangsung hingga 29 Maret mendatang dengan berbagai perlombaan yang diadakan. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.