Banyak OTG Corona, Masyarakat Diminta Waspada dan Terus Proteksi Diri

INTREN.ID, BATAM – Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batam, Amsakar Achmad mengatakan, beberapa pasien terkonfirmasi positif virus corona baru (Covid-19) yang ada di Kota Batam sebagian di antaranya tidak mengalami gejala apapun. Atau merupakan kategori Orang Tanpa Gejala (OTG).

Karena itu Pemerintah Kota (Pemko) Batam saat ini gencar terus melakukan penyisiran di lapangan. Tujuannya tidak lain adalah supaya para OTG yang terkonfirmasi positif Covid-19 bisa segera diketahui. Sehingga dengan cepat bisa dilakukan tindakan upaya pencegahan lainnya.

“Penambahan kasus hari ini dan beberapa yang sembuh merupakan OTG. Karena semakin banyaknya OTG, sehingga perlu dilakukan penyisiran karena mereka tidak bergejala dan hanya diketahui bila dilakukan tes,” kata Amsakar, Kamis (28/5/2020)

Penambahan satu kasus terakhir, merupakan pria berinisial PZ (33) yang beralamat di perumahan Bukit Palem Permai Kelurahan Belian Kecamatan Batam Kota, yang digolongkan Sebagai OTG. Dengan penambahan tersebut, pasien terkonfirmasi positif Covid-19 berjumlah 110 orang.

Sebanyak 42 di antaranya telah dinyatakan sembuh, sementara 10 orang di nyatakan meninggal dunia. Kemudian 57 sisanya saat ini masih menjalani perawatan di beberapa RS rujukan pasien Covid-19 Kota Batam, seperti RSUD Embung Fatimah dan RSKI Covid-19 Galang.

Sementara itu Wali Kota Batam Muhammad Rudi mengingatkan, masih banyak ditemui masyarakat yang belum sepenuhnya mematuhi protokol dan imbauan pemerintah guna menekan laju penyebaran Covid-19. Karenanya dia mengajak seluruh elemen masyarakat untuk terus menjaga jarak, senantiasa mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

“Tetap di rumah saja dan mengunakan masker jika terpaksa harus keluar rumah. Serta selalu menjaga kesehatan dengan makan makanan seimbang dan berolah raga secara teratur serta istirahat yang cukup,” ungkap Rudi. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.