Banyak Masyarakat Pesisir Kurang Mampu, Politisi PDI Perjuangan Desak Pemerataan Bantuan Sosial

INTREN.ID, BONTANG – Kendati tergolong kota kaya, namun tidak sedikit masyarakat kurang mampu yang berada di Kota Taman. Khususnya mereka yang saat ini tinggal di daerah pesisir. Hal itu disampaikan anggota Komisi I DPRD Kota Bontang, H Maming.

Politisi PDI Perjuangan itu mendesak adanya pemerataan bantuan sosial (bansos). Maming mendesak agar Pemerintah Kota (Pemkot) Bontang tidak hanya fokus menangani masyarakat kurang mampu yang ada di perkotaan saja. Melainkan merata hingga daerah pesisir.

“Masyarakat seperti di Melahing, Gusung, Selangan, dan Tihi-Tihi juga harus merasakan manfaat dari bantuan sosial. Mereka juga warga Bontang. Untuk itulah, penyaluran bantuan sosial harus tepat sasaran. Menyeluruh kepada masyarakat kurang mampu,” harapnya.

Dia mencontohkan, salah satunya bantuan Program Keluarga Harapan (PKH). Maming mengaku menerima banyak keluhan dari masyarakat pesisir yang belum menerima bantuan tersebut. Bahkan, lanjut dia, ada bantuan yang terindikasi tidak tepat sasaran.

“Perlu dilakukan evaluasi dan pendataan ulang. Berapa sebenarnya masyarakat pesisir yang belum mendapat bantuan PKH. Kami mendapat laporan, ada yang seharusnya berhak mendapat bantuan, tapi tidak menerima. Justru warga yang mampu malah mendapat bantuan,” keluhnya.

Untuk itulah, sambung Maming, pendataan harus dilakukan seakurat mungkin. Sehingga penyaluran bantuan bisa tepat sasaran. (***/adv)

Reporter: Herdianto

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.