Bantuan Logistik Datang, Batam Kembali Gelar Tes Swab Corona

Kiriman Pemprov Kepri dan Kemenkes RI

INTREN.ID, BATAM – Senin (27/4/2020) kemarin, Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) kelas 1 Batam mendapat dapat bantuan 500 logistik VTM dan Dacron. Bantuan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Riau (Kepri) ini untuk melakukan pemeriksaan swab virus corona baru (Covid-19).

Kepala BTKLPP Batam Ismail Damhuji menyampaikan, kedatangan bantuan logistik tersebut membuat Tim analisis BTKLPP langsung bekerja melaksanakan swab menggunkan alat PCR.

“Akhirnya, Kegiatan swab telah kembali berjalan,” kata Ismail saat dikonfirmasi oleh intren.id melalui aplikasi obrolan.

Dia juga menyampaikan, BTKLPP Batam akan mendapat bantuan dari logistik dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk memenuhi kebutuhan Kegiatan pemeriksaan menggunkan alat PCR di Kepri. Namun untuk jumlahnya, belum bisa diinformasikan karena baru akan tiba sore nanti.

“Kami belum bisa pastikan, nanti kami lihat di manifes atau BAST-nya,” ungkap Ismail.

- ADVERTISEMENT -

Sementara itu, Kepala Dinas kesehatan (Kadinkes) Provinsi Kepri Tjetjep Yudiana mengatakan, BTKLPP Batam akan mendapat bantuan logistik dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sebanyak 10 ribu. Bantuan itu diperkirakan akan tiba dalam waktu dekat.

“Alhamdulillah, sudah dialokasikan oleh Kemenkes. Ada 10 ribu. Mudah-mudahan dalam waktu dekat akan tiba,” sebut Tjetjep.

Pada pemberitaan sebelumnya, Tim analisis BTKLPP Kelas I Batam tak bisa lagi melakukan pemeriksaan swab karena kehabisan stok logistik. Bahkan, kekosongan stok logistik tersebut telah terjadi selam satu pekan terakhir.

“Kalau tidak ada Dacron dan VTM, di mana saja tidak bisa melakukan swab,” ucap Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Batam Didi Kusmarjadi, Ahad (26/4/2020). Alhasil seluruh kegiatan swab terhenti sementara waktu. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.