Bantu Perusahaan Bayar THR, Pemerintah Potong Iuran Jamsostek

Diberikan Selama Tiga Bulan, Ditambah Penundaan Jaminan Pensiun

INTREN.ID, JAKARTA – Kabar baik bagi perusahaan yang kesulitan membayar tunjangan hari raya (THR) lantaran dampak virus corona baru (Covid-19). Pemerintah bakal melonggarkan pembayaran iuran Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek) hingga 90 persen selama tiga bulan.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkap, langkah ini dilakukan untuk membantu dunia usaha membayarkan seluruh kewajibannya kepada pekerja. Termasuk dalam pembayaran THR.

Relaksasi dengan pemotongan iuran Jamsostek itu bakal diberikan kepada dunia usaha selama tiga bulan di tengah pandemi Covid-19 ini. Relaksasi iuran Jamsostek itu menurut Airlangga, diberikan kepada 116.705 perusahaan

“Jika relaksasi masih dibutuhkan, pemerintah tidak menutup kemungkinan untuk memperpanjang pemotongan iuran kepada dunia usaha untuk tiga bulan selanjutnya,” sebut Airlangga, Kamis (30/4/2020).

Relaksasi yang diberikan, jelas Airlangga, adalah relaksasi pemotongan iuran 90 persen untuk tiga bulan. Relaksasi ini bisa diperpanjang tiga bulan lagi, yaitu terkait jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian.

Adapun landasan hukum yang mengatur hal tersebut masih disusun pemerintah dalam bentuk Peraturan Pemerintah (PP). Bukan hanya relaksasi, pemerintah akan menambah penundaan iuran jaminan pensiun. Yaitu lewat keringanan iuran hingga Rp 12,36 triliun.

Rinciannya, keringanan iuran untuk jaminan kecelakaan kerja mencapai Rp 2,6 triliun, keringanan iuran jaminan kematian mencapai Rp1,3 triliun dan penundaan jaminan pensiun sebesar Rp 8,74 triliun. (***)

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.