Bantu Masyarakat, Unsur Aparat Keamanan Bagi-Bagi Sembako

Dukung Maklumat Kapolri Ringankan Beban di Masa Wabah Corona

INTREN.ID, BATAM – Unsur aparat keamanan dari Polsek Sekupang, Polsek Kepolisian Kawasan Pelabuhan (KKP) bersama Koramil 02 Batam Timur melakukan pembagian sembako kepada masyarakat di kawasan Sekupang, Jumat (10/4/2020). Pembagian dimulai dari Pelabuhan Sekupang hingga ke kawasan Tiban Koperasi yang telah menyimpan ratusan paket sembako.

Kapolsek KKP AKP Syaiful Badawi mengatakan, kegiatan ini telah dilakukan secara berkelanjutan sejak beberapa pekan lalu. Dilakukan pada beberapa kawasan di pelabuhan.

“Hal ini untuk mendukung maklumat dari Kapolri, untuk menerapkan bekerja di rumah hingga mengurangi aktivitas di luar rumah,” kata Badawi.

“Semoga dengan bantuan sambako ini, masyarakat tidak merasa bahwa bebannya sangat besar. Karena masih banyak orang yang peduli dengan sesama,” sambungnya.

Pihaknya juga selalu mengimbau masyarakat untuk selalu menggunakan masker, jika harus melakukan kegiatan di luar rumah.

“Mungkin ada beberapa kegiatan yang harus tetap dilakukan. Maka dari itu masyarakat juga harus menjaga serta memroteksi diri menggunakan masker serta rajin mencuci tangan setelah melakukan aktivitas,” ungkapnya.

Sementara itu, Kapolsek Sekupang AKP Yudi Arfian menyatakan jajarannya terus melakukan patroli rutin. Tujuannya menciptakan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).
“Jika masih ada yang berkumpul, kami langsung berikan imbauan agar menghindari kerumunan atau keramaian. Lebih baik berkumpul bersama keluarga jika masih ada kesempatan,” kata Yudi.

Dalam imbauan yang diberikan, ada tiga poin yang kini menjadi prioritas. Di antaranya menjaga jarak ketika bersosialisasi, mengurangi mobilitas, serta hindari kerumunan.

“Namun ada beberapa hal yang kini harus kita perhatikan dengan baik. Di antaranya menggunakan masker saat berada di luar ruangan dan rajin mencuci tangan,” papar Yudi.

“Kami rasa, bantuan dalam bentuk sembako seperti ini bisa lebih membantu untuk meringankan beban masyarakat, di tengah pandemi. Untuk kegiatan ini, kami rencanakan bisa terus berkelanjutan yang kita laksanakan pada hari Jumat di tiap minggunya,” imbuhnya.

Kegiatan bagi-bagi sembako ini sendiri mendapat apresiasi dari warga dan juga para driver ojek online (ojol). Apalagi saat ini penghasilan para ojol dalam menarik penumpang jumlahnya berkurang. Sebagaimana diungkapkan warga bernama Napitupulu.

“Memang untuk beberapa pekan ini sangat berkurang orderan, jadi pembagian sembako ini sangat berguna bagi kami. Semoga masalah ini segera berakhir dan kami juga bisa melanjutkan kegiatan seperti pada hari biasa dan perekonomian kami juga bisa terselamatkan,” ucap Napitupulu. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.