Banjir Bandang Hantam Masamba Luwu Utara, Telan Belasan Korban Jiwa dan Hancurkan Ratusan Rumah

INTREN.ID, LUWU UTARA – Hujan deras menyebabkan air di tiga sungai di Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan (Sulsel) pada Senin (13/7/2020) malam meluap. Sehingga menimbulkan banjir bandang yang memakan korban jiwa dan merusak bangunan.

Tiga sungai yang meluap yaitu Sungai Masamba, Sungai Rongkang, dan Sungai Radda, menyebabkan permukiman warga tergenang. Meliputi Kecamatan Masamba, Sabbang, Baebunta, Baebunta Selatan, Malangke, dan Malangke Barat.

Hingga berita ini dturunkan, korban jiwa akibat banjir bandang menjadi 16 orang meninggal dunia. Sebagaimana diterangkan Kepala Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Makassar Mustari.

Sebanyak 12 dari 16 jenazah warga yang meninggal dunia akibat banjir di Luwu Utara sudah berhasil diidentifikasi. Sementara empat lainnya masih dalam proses identifikasi.

Selain korban meninggal, banjir juga membuat sepuluh orang mengalami luka sehingga mesti menjalani perawatan di RSUD Andi Djemma di Masamba. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Luwu Utara mengungkap, sebanyak 156 kepala keluarga yang terdiri atas 655 orang mengungsi. Jumlah kepala keluarga terdampak sebanyak 4.202 KK atau 15.944 jiwa.

- ADVERTISEMENT -

Sementara ini petugas masih mencari 23 orang yang dilaporkan hilang. “Tim akan kembali melakukan pencarian korban dan berkoordinasi dengan tim gabungan penanggulangan bencana di Luwu Utara,” sebut Mustari.

Rumah warga tertimbun lumpur. (ist)

 

Banjir turut merusak 223 unit rumah. Terjangannya membuat rumah warga mengalami kerusakan parah. Kepala BPBD Sulsel Ni’mal Lahamang di Makassar menerangkan, data sementara jumlah rumah hanyut sebanyak 10 unit. Kemudian rumah yang tertimbun pasir bercampur lumpur dan air sebanyak 213 unit.

“Mengenai pengungsi sementara dilakukan pendataan di titik-titik pengungsian oleh tim, ada tiga posko induk di lapangan yang sudah didirikan dalam penanggulangan bencana,” sebut Ni’mal. (***)

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.