Bandung “Lockdown”, Sebagian Ruas Jalan Utama Ditutup

INTREN.ID, BANDUNG – Beberapa ruas jalan di Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat (Jabar) mengalami penutupan sejak Sabtu (28/3/2020) malam. Penutupan dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19 alias corona.

Beberapa ruas jalan yang ditutup antara lain Jalan Asia Afrika, Jalan Naripan, Jalan Braga, Jalan Diponegoro (depan Gedung Sate), jalur Dago-Cikapayang, serta Jalan Merdeka mulai dari simpang Merdeka-Jalan Riau-Merdeka-Aceh.

Wali Kota Bandung Oded M Danial mengungkapkan, pihaknya memang sedang mempersiapkan diri untuk lockdown. Saat ini pihaknya masih terus berkoordinasi dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda).

“Kami masih rapat dengan Forkompimda. Insya Allah lockdown, tapi sifatnya lockdown parsial. Sudah disampaikan kepada Pak Kapolresta dan Pak Dandim,” kata Oded.

Apa itu lockdown parsial? Kata Oded, pihaknya tidak menutup seluruh jalan di Kota Bandung. Hanya saja, pihaknya akan menutup sejumlah jalan sesuai dengan kondisi. “Ada pengaturan jalan-jalan di Kota Bandung, ditutup sebagian,” ujarnya.

Rencana itu terus dimatangkan. Sembari terus mengedukasi masyarakat untuk tetap di rumah.

- ADVERTISEMENT -

Sementara Kasat Lantas Polresta Bandung, Kompol Bayu Catur Prabowo membenarkan penutupan itu. Kendati demikian, penutupan sebagian ruas jalan itu bersifat situasional. Artinya, melihat situasi dan kondisi di lapangan.

“Melihat sikon (situasi dan kondisi) saja, situasional. Kegiatan ini kami lakukan sebagai salah satu bentuk kepedulian mengurangi penyebaran corona,” kata Bayu, Minggu (29/3/2020).

Penutupan dilakukan sampai masyarakat Kota Kembang benar-benar menjalankan imbauan pemerintah untuk tetap tinggal di rumah. Kecuali jika memang ada keperluan mendesak.

“Kami mengimbau agar masyarakat tetap berada di rumah. Sehingga bisa mengurangi penyebaran pandemi corona,” tegasnya. (***)

 

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.