Bandara Soekarno-Hatta Bersiap Buka Pintu untuk Singapura, Hanya untuk Melayani Perjalanan Khusus

INTREN.ID, JAKARTA – Pintu perbatasan antara Indonesia-Singapura akan dibuka 26 Oktober mendatang. Ada dua pintu yang dipersiapkan, yakni Bandara Soekarno-Hatta untuk jalur udara dan Ferry Terminal Batam Center untuk jalur laut.

Sejak Indonesia membuka diri terhadap aktivitas keluar-masuk luar negeri, Singapura adalah negara keempat setelah Tiongkok, Uni Emirate Arab (UEA), dan Korea Selatan (Korsel). Dengan demikian, Bandara Soekarno-Hatta akan menambah Travel Corridor Arrangement (TCA).

Presiden Direktur PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin mengatakan, persiapan dilakukan. Angkasa Pura II akan bekerja sama dengan Otoritas Bandara, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kementerian Kesehatan (KKP Kemenkes), Imigrasi, Bea Cukai, Balai Karantina, maskapai, dan ground handling.

“Salah satu yang tengah disiapkan di Bandara Soekarno-Hatta adalah laboratory test facilities. Tujuannya untuk melakukan PCR test kepada para penumpang dari Singapura,” jelasnya.

- ADVERTISEMENT -

Awaluddin menambahkan, pihaknya juga tengah mempersiapkan alur kedatangan. Di mana, meliputi terminal kedatangan, check point clearance aplikasi e-HAC, proses imigrasi dan bea cukai, serta menuju check point tempat PCR test.

TCA, lanjut dia, bertujuan memfasilitasi kemudahan perjalanan khusus bisnis, ekonomi, diplomatik, dan dinas. “Skema TCA antara Indonesia dengan Tiongkok, UEA, dan Tiongkok berjalan lancar. Selanjutnya dengan Singapura,” tutupnya. (***)

Reporter: Lukman Maulana

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.