Balita di Batam Meninggal Positif Corona, Sumber Penularan Masih Dicari

INTREN.ID, BATAM – Seorang balita di Batam berinisial VS berusia dua tahun dinyatakan meninggal dunia pada Ahad (17/5/2020) sekira pukul 18.30 WIB. VS yang meninggal setelah menjalani perawatan di RSUD Embung Fatimah diketahui positif tertular virus corona baru (Covid-19).

VS yang beralamat di Perumahan Tembesi, Kelurahan Tembesi, Kecamatan Sagulung dilarikan orang tuanya pada 15 Mei 2020 sekira pukul 14.30 WIB ke IGD RSUD Embung Fatimah. Lantaran kondisinya tidak ada respon dan tidak menangis sejak pagi hari. Kala itu belum diketahui VS positif Covid-19.

Menurut orang tuanya, anak tersebut sudah mengalami demam sejak lima hari sebelumnya. Disertai buang air besar (BAB) cair dan berlendir, serta ditemukan benjolan di bawah lehernya.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Batam Didi Kusmarjadi menuturkan, kondisi tersebut merupakan gejala yang terlihat dari VS yang kemungkinan telah terpapar Covid-19. Setelah menjalani perawatan di bangsal anak, tim medis juga telah melakukan peneriksaan RDT dengan hasil non reaktif.

“Dan pada tanggal 16 Mei 2020 kami lanjutkan dengan pemeriksaan swab tenggorokan,” ungkap Didi, Rabu (20/5/2020).

- ADVERTISEMENT -

Kondisi VS terus mengalami penurunan dan sejak Ahad pukul 13.30 WIB mengalami kondisi pemburukan. Meskipun dokter telah berusaha melakukan tindakan upaya pertolongan yang maksimal, nyawa balita perempuan tersebut akhirnya tidak tertolong.

Meskipun hasil swab keluar dengan keterangan positif, namun Tim Gugus Tugas masih belum menemukan sumber penyebaran terhadap VS.

“Untuk sumbernya belum kami ketahui. Namun kedua orang tuanya telah kami lakukan pemeriksaan swab kemarin sore dan kami tunggu hasil untuk memastikan kondisinya,” kata Didi.

Dengan meninggalnya balita VS, Jumlah pasien meninggal positif Covid-19 di kota Batam kini mencapai delapan orang. Rinciannya tiga perempuan dan lima laki-laki. Sementara pasien sembuh mencapai 29 orang dan masih ada sebanyak 41 pasien yang kini masih menjalani perawatan di beberapa RS rujukan Kota Batam. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.