Balikpapan Terima Tambahan Vaksin Lagi, Minggu Tahap Awal Vaksinasi Lansia Mulai Dilakukan

INTREN.ID, BALIKPAPAN – Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Balikpapan, Andi Sri Juliarty memaparkan, Jumat (05/03/2021), terdapat penambahan terkonfirmasi positif sebanyak 73 kasus, 104 kasus selesai isolasi, dan dua kasus meninggal dunia.

Sedangkan terkait kondisi keterisian rumah sakit, terdapat 194 tempat tidur isolasi dari total 523 tempat tidur isolasi di seluruh rumah sakit yang menangani Covid-19 di Kota Balikpapan. Sedangkan untuk ruang ICU tersedia 10 ruangan termasuk ICU anak dan bayi dari total 42 ICU..

“Alhamdulillah, saat ini tingkat keterisian rumah sakit mengalami penurunan hingga mencapai 62 persen, di bandingkan dengan awal penerapan PPKM (pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat), tingkat keterisian rumah sakit mencapai hingga 90 persen,” ungkapnya.

Sementara itu, capaian vaksinasi  berdasarkan data yang didapat hingga kemarin sore, terdapat sebanyak 4.525 atau 50,08 persen orang yang telah melakukan vaksinasi.

“Besok Sabtu 6 Maret 2021, vaksinasi lanjutan bagi jasa pelayanan publik dilaksanakan di BSCC Dome dan akan dilanjutkan dengan vaksinasi pertama bagi lansia di hari Minggu 7 Maret 2021,” kata Dio, sapaan Andi Sri Juliarty.

Di kesempatan yang sama, Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi menyampaikan launching vaksinasi bagi lansia akan menargetkan sebanyak 400 orang.

“Melalui rapat kordinasi dengan Dinas Kesehatan Kota beserta camat dan lurah, yang hasilnya setiap lurah diwajibkan mendaftarkan 10 orang lansia yang ada di daerahnya yang kemudian divaksinasi. Sementara lansia yang lain dapat melakukan pendaftaran di link yang sudah disiapkan oleh Diskominfo Kota Balikpapan dan dapat melakukan vaksinasi pada Selasa pekan depan di puskesmas terdekat,” ujarnya.

Selain itu, Rizal juga menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Balikpapan akan mendapatkan tambahan vaksin sebanyak 4.500 dosis dari Dinas Kesehatan Kaltim.

“Pemberian vaksin tambahan tersebut didasari oleh tingkat realisasi vaksinasi Kota Balikpapan yang tinggi dan ketersediaan stok vaksin yang mulai berkurang,” kata Rizal saat pers rilis di ruang VIP Masjid Madinatul Iman Balikpapan Islamic Center.

Adapun vaksin tahap kedua termin kedua, diperkirakan akan tiba pada tanggal 8 Maret 2021 di terminal kargo Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan. (***)

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.