Balikpapan-Samarinda Jadi Pasar Peredaran Ganja, Target Sasarannya Pelajar dan Mahasiswa, Safaruddin: Harus Dicegah

INTREN.ID, BALIKPAPAN – 10,96 kilogram ganja dimusnahkan di medio Mei hingga Juni. Jumlah itu berasal dari tiga pengungkapan kasus yang dilakukan Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi dan Kota, serta Polri. Kota Balikpapan dan Kota Samarinda jadi pasar dengan target anak muda, yakni pelajar hingga mahasiswa.

Anggota DPR RI Dapil Kaltim, Irjen Pol (Purn) Drs H Safaruddin menegaskan, narkotika dan obat-obatan terlarang (narkoba), termasuk ganja, berpotensi merusak generasi penerus bangsa. Dia pun mengapresiasi upaya penindakan para pengedar dan bandar narkoba di Kalimantan Timur (Kaltim).

“Pemusnahan ganja tersebut merupakan bukti bahwa peredaran narkoba masih terjadi di Kaltim. Upaya penindakan memang harus dilakukan, namun harus dibarengi upaya pencegahan dan pendekatan, khususnya kepada generasi penerus bangsa,” kata anggota Komisi III DPR RI yang membidangi persoalan hukum, keamanan, dan hak asasi manusia itu.

Ketua DPD PDI Perjuangan Kaltim itu mengingatkan agar masyarakat terus berpartisipasi dalam rangka mencegah peredaran narkoba. Mengingat target sasarannya adalah anak-anak muda, sehingga peran orang tua dan keluarga sekitar untuk mencegah peredaran narkoba sangat penting.

“Orang tua dan keluarga merupakan benteng utama dalam mencegah peredaran narkoba. Dimulai dari lingkungan keluarga dulu. Perhatian, sosialisasi, dan pengawasan harua dilakukan. Sehingga anak-anak kita dapat menjauhi narkoba, khususnya ganja,” kata Kapolda Kaltim 2015-2018 itu.

Sekadar diketahui, Mei hingga Juni ini ada tiga kali pemusnahan ganja, dengan berat barang ukuran jumbo. Pada 12 Mei ada 4 kilogram dimusnahkan Kapolresta Samarinda Kombes Pol Ary Fadli dengan cara dibakar. Kemudian pada 18 Mei BNNP Kaltim melakukan pemusnahan 3,96 kilogram ganja. Dan terakhir, BNNK Samarinda mengungkap ganja seberat 3 kilogram pada 13 Juni. (***)

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.