Bali United dan Persija Jadi Wakil di AFC Cup, Kongres Tahunan PSSI Diselenggarakan 26 Februari

INTREN.ID, JAKARTA – Siapa yang jadi wakil Indonesia di ajang Piala AFC tahun depan terjawab. Dalam rapat Exco Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) yang dilaksanakan secara virtual, Rabu (16/12/2020), diputuskan dua klub yang akan mewakili Indonesia di level kedua kompetisi Asia itu.

Plt Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi mengungkapkan, Bali United dan Persija terpilih untuk tampil di Piala AFC tahun depan. “Kami ambil hasil dari musim 2019. Bali United jadi juara Liga 1 dan Persija runner-up Piala Indonesia,” ujarnya.

Nama Bali United sebagai juara Liga 1 musim 2019 memang sudah diprediksi. Sebab, PSSI tidak bisa lagi mengajukan nama lain. Alasannya, Liga 1 2020 sampai saat ini masih ditunda dan belum diketahui jawaranya.

Sementara itu, Persija dipilih karena PSM Makassar yang jadi juara Piala Indonesia tidak masuk kriteria peserta di Piala AFC. Kriterianya adalah lolos lisensi AFC. Tahun ini, Juku Eja memang tidak masuk tujuh tim yang mendapatkan lisensi AFC.

“Karena Persija runner-up Piala Indonesia dan lolos lisensi AFC, maka kami memilih Persija untuk jadi wakil di Piala AFC,” paparnya. Persija awalnya tidak lolos kriteria lisensi AFC pertama yang dirilis PSSI. Tapi, Macan Kemayoran mengajukan banding dan akhirnya lolos.

Selain memutuskan wakil Indonesia di Piala AFC, rapat Exco PSSI juga memutuskan waktu penyelenggaraan Kongres Tahunan PSSI. Jika biasanya kongres dilaksanakan akhir Januari, tahun depan baru bisa dilaksanakan akhir Februari. “26 Februari kami akan adakan kongres,” ungkapnya.

Jadwal tersebut tentu sudah masuk ketentuan Statuta PSSI. Di mana harus berlangsung delapan minggu setelah diputuskan dalam rapat exco. Sayangnya, kejelasan mengenai kongres tahunan akan diadakan virtual atau tatap muka langsung belum ditentukan. “Belum, kami masih lihat situasi soal itu,” ungkapnya. (***)

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.