Bakti Sosial Polri Peduli, Polda Kepri Bagikan 10 Ribu Paket Sembako

Serentak Bantu Masyarakat yang Terkena Dampak Pandemi Virus Corona

INTREN.ID, BATAM – Kepedulian kepada masyarakat yang terdampak pandemi virus corona baru (Covid-19) terus ditunjukkan Polda Kepulauan Riau (Kepri). Kali ini sebanyak 10.117 paket sembako dibagikan serentak oleh Polda Kepri berikut jajaran Polresta kepada ribuan masyarakat dari berbagai kalangan di Kepri, Selasa (21/4/2020).

Wakapolda Kepri Brigjen Pol Yan Fitri Halimansyah menuturkan, kegiatan tersebut digelar sebagai salah satu kegiatan bakti sosial di tengah pandemi Covid-19 di wilayah Kepri. Pelepasan rombongan pembawa paket sembako digelar di Mapolda Kepri, lantas bergerak di seluruh penjuru Batam hingga ke kawasan Kecamatan Belakang Padang yang merupakan kawasan Hinterland.

Rombongan dilepas Irwasda Polda Kepri Kombes Pol Musa Ikipson Manaek Muara Tampubolon dan dihadiri oleh Pejabat Utama Polda Kepri. Yan Fitri mengatakan, kegiatan Bhakti sosial pada hari ini dilakukan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia. Termasuk juga di wilayah Provinsi Kepri dan untuk di wilayah Kota Batam.

Untuk Kota Batam, ada empat kegiatan bantuan sosial yang diberikan antara lain di 13 panti asuhan, yang kedua bantuan paket sembako kepada fakir miskin di wilayah Kecamatan Belakang Padang. Bantuan ketiga, sembako kepada para pekerja tidak tetap, para karyawan yang di PHK, serta para tukang ojek.

“Dan yang terakhir bantuan sosial diberikan kepada keluarga besar Polri, Warakauri, dan marbot masjid,” ungkapnya.

Yan Fitri berharap paket sembako yang telah dibagikan kepada masyarakat dapat bermanfaat. Atau setidaknya bisa meringankan beban yang dirasakan saat ini.

“Ini kami lakukan dengan tulus agar semua masyarakat yang ada di Kepri tetap dapat beriktiar untuk menjaga kesehatan. Tetap di rumah, gunakan selalu masker, jaga kebersihan dengan selalu mencuci tangan, makan dengan makanan yang bergizi,” ungkapnya.

- ADVERTISEMENT -

Apabila mengalami gangguan-gangguan kesehatan, Yan Fitri berpesan agar segera mendatangi Rumah Sakit atau Puskesmas terdekat untuk mendapatkan pemeriksaan dan tidak perlu panik. Kata dia, untuk mencegah dan menangkal perkembangan Covid-19 ini, membutuhkan komitmen dan disiplin diri masing-masin.

Seperti diketahui, Provinsi Kepri terdiri dari gugusan pulau-pulau. Tidak semua pulau tersebut memiliki fasilitas pukesmas.

Karenanya kerja sama antar TNI-Polri, pemerintah serta stakeholder terkait lainnya sangat diperlukan. Untuk bisa bersama-sama memantau dan memberi pemahaman kepada masyarakat untuk tetap menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di Kepri dengan mengedepankan protokol kesehatan yang diberikan oleh pemerintah.

“Kita harus putuskan mata rantai penyebaran Covid-19 ini. Insyaallah ke depan jika komitmen dan disiplin diri masyarakat Kepri cukup tinggi, tidak akan terlalu lama penyebaran Covid-19 ini dapat diputuskan. Bersama-sama kita berdoa semoga Provinsi Kepri terbebas dari Covid-19 dan kita semua dapat beraktivitas seperti biasanya,” Imbuhnya.

Yan Fitri juga mengimbau masyarakat untuk tetap berkomitmen menjalankan anjuran pemerintah. Salah satunya tidak melaksanakan mudik.

“Saya atas nama pimpinan Polda Kepri, juga mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa pada Bulan Suci Ramadhan 1441 H. Tetap jaga kesehatan dan laksanakan ibadah di rumah sesuai anjuran pemerintah,” pungkasnya. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.