Bahayakan Warga, Damkar Bontang Musnahkan Dua Sarang Tawon

INTREN.ID, BONTANG – Tim rescue Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkartan) kembali memusnahkan sarang tawon di kawasan permukiman warga, Senin (11/5) malam. Dua sarang tawon di lokasi berbeda itu dianggap membahayakan sehingga harus segera dimusnahkan.

Pemusnahan pertama dilakukan di Jalan Denpasar RT 17 nomor 57 Kelurahan Gunung Telihan, Bontang Barat. Di lokasi tersebut, sarang tawon berada di dalam plafon rumah warga bernama Bantaro.

Menurut informasi dari pemilik rumah, sarang tawon tersebut diperkirakan sudah ada sejak 2 pekan lalu. Karena dianggap membahayakan pemilik rumah maupun tetangga sekitar, sehingga harus segera dimusnahkan.

“Eksekusinya dengan cara penyemprotan cairan pestisida ke dalam sarang tawon,” kata Komandan Kompi Damkar Bontang, Norman.

Usai eksekusi selesai, tim Damkar kembali memusnahkan sarang tawon di lokasi kedua, di Jalan MT Haryono RT 23, Kelurahan Api-Api, Bontang Utara. Kali ini, posisi sarang tawon berada di atas pohon median jalan. Karena posisinya berada di atas, sehingga pemusnahannya harus dilakukan dengan cara dibakar.

- ADVERTISEMENT -

“Tawon ini kerap berkeliaran di sekitar pohon sehingga mengganggu para penyapu jalan dan pekerja taman,” tuturnya.

Sementara itu dikonfirmasi terpisah, Koordinator Rescue animal Damkar Bontang, Rudi Kuncoro menuturkan, sebenarnya saat ini masih banyak laporan warga yang masuk di posko Damkar terkait permintaan bantuan penyelamatan.

Namun karena saat ini masih masa pandemi Covid-19, sehingga aktivitas penyelamatan untuk sementara dibatasi.

“Yang bersifat darurat baru bisa kami laksanakan. Namun jika tidak darurat dan tidak membahayakan orang di sekitar, maka kami tunda dulu,” tukasnya. (***)

Reporter: Bambang Al-Fatih

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.