Bahaya Limbah Masker Dibuang Sembarangan, Ini Penjelasan Dinas Kesehatan Bontang

INTREN.ID, BONTANG – Pada masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) seperti saat ini, memakai masker ketika ke luar rumah menjadi keharusan bagi semua orang. Hal ini menyebabkan ketersediaan masker di pasaran makin banyak akibat kebutuhan masker yang tinggi.

Berbagai jenis masker digunakan oleh masyarakat. Baik itu masker sekali pakai, maupun masker kain yang bisa dicuci dan digunakan kembali. Namun demikian hal tersebut justru menimbulkan masalah baru.

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Bontang, dr Bahauddin mengatakan, masalah baru tersebut adalah ketika limbah atau sampah masker yang dibuang secara sembarangan. Hampir semua masker kata dia, berbahan anorganik atau tidak mudah terurai oleh alam.

“Perlu cara yang benar agar masker efektif digunakan untuk perlindungan terhadap virus serta limbah masker tidak memunculkan masalah baru bagi lingkungan dan kesehatan,” ujarnya, Sabtu (11/7/2020).

Bahauddin mejelaskan beberapa cara membuang masker khususnya masker sekali pakai. Agar tidak menimbulkan masalah kesehatan maupun lingkungan adalah, melepasnya dari bagian belakang dengan tidak menyentuh bagian depan masker.

Selain itu, sebelum dibuang masker terlebih dahulu digunting atau dirusak. Berikutnya, membersihkan tangan dengan sabun dan air mengalir atau alkohol. Dan terakhir, tidak membuang masker di tempat sampah.

Diskes Bontang juga merilis cara menggunakan masker agar efektif melindungi seseorang dari serangan virus (selengkapnya lihat infografis).

Menurut Bahauddin, pertahanan utama saat ini agar virus tidak masuk dalam tubuh adalah dengan menggunakan masker, menjaga jarak aman minimal 1 meter, serta mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

“Tingkatkan daya tahan tubuh dengan makan sayur dan buah setiap hari, olahraga terukur, berjemur, istirahat cukup, berfikir positif, dan berdoa,” tukasnya. (***)

INFOGRAFIS

Penggunaan masker agar efektif melindungi dari virus:

a. Sebelum mengenakan masker, bersihkan tangan dengan alkohol atau sabun dan air;
b. Jika Anda batuk atau bersin, tutupi mulut dan hidung dengan masker dan pastikan tidak ada celah antara wajah dan masker Anda;
c. Hindari menyentuh masker saat menggunakannya; jika Anda melakukannya, bersihkan tangan dengan alkohol atau sabun dan air;
d. Ganti masker dengan yang baru segera setelah lembap;
e. Jangan gunakan kembali masker sekali pakai;
f. Masker hanya efektif bila digunakan bersama dengan pembersihan tangan yang sering, dilakukan dengan alkohol atau sabun dan air mengalir.

Reporter: Bambang Al-Fatih

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.