Awal Penerapan New Normal, Pasien Corona di Batam Bertambah

INTREN.ID, BATAM – Pada hari pertama penerapan kenormalan baru atau New Normal, pasien virus corona baru (Covid-19) di Batam kembali bertambah lima orang. Sebagaimana hasil pemeriksaan tim analisis BTKLPP kelas 1 Batam yang telah di tandatangani oleh Wali Kota Batam Muhammad Rudi, Senin (15/6/2020).

Data dari pasien baru tersebut pertama kasus 182, perempuan berinisial YL (19) mahasiswa beralamat di Perumahan Griya Permai. YL merupakan anak kandung Kardiharjo yang merupakan sesama pedagang di Pasar Toss 3000 dan juga majikan dari terkonfirmasi positif nomor 151.

Lalu pasien nomor 183, perempuan berinisial LS (54) ibu rumah tangga (IRT) beralamat di perumahan Kampung Mangga Kelurahan Batu Besar Kecamatan Nongsa Kota Batam. LS pada tanggal 11 Juni 2020 datang berobat di UGD salah satu rumah sakit swasta di Kawasan Batu Besar berdasarkan rujukan dari Puskesmas Kampung Jabi. Dengan keluhan nyeri perut kanan bawah yang disertai mual dan muntah sejak sehari sebelumnya.

Berdasarkan hasil pemeriksaan dokter yang bersangkutan didiagnosis ‘Apendict Akut’ harus dilakukan tindakan operasi segera. Sebelum operasi dilakukan pemeriksaan RDT dengan hasil reaktif. Sekaligus dilakukan pemeriksaan swab tenggorokan yang hasilnya pada saat itu belum diketahui. Pasca operasi LS ditetapkan sebagai pasien dalam pengawasan (PDP) dan dilakukan perawatan di ruang isolasi.

Kemudian pasien nomor 184 dan 185, laki-laki adik kakak berinisial M (27) sales assistant toko mainan salah satu mal di Batam dan SD (30) pedagang Pasar Toss 3000 Sei Jodoh. Keduanya beralamat di perumahan Tanjung Uma dan merupakan anak kandung dari kasus terkonfirmasi positif nomor 162.

Dan yang terakhir, pasien nomor 186 laki-laki berinisial Z (32) supervisor toko mainan di salah satu mal di Kota Batam, beralamat di perumahan Buana Garden. Z merupakan suami dari terkonfirmasi positif nomor 180 dan menantu dari kasus terkonfirmasi positif nomor 162 pedagang di Pasar Toss 3000 Sei Jodoh.

Untuk empat pasien bernomor 182, 184, 185 dan 186 telah dirujuk ke RSKI Covid-19 Galang Batam, sementara pasien bernomor 183 di rujuk ke RSBP Batam. Berdasarkan hal tersebut, kini masih ada sebanyak 76 pasien yang dirawat di beberapa rumah sakit rujukan dengan kondisi seluruh pasien dalam keadaan stabil. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.