Awal Pekan Ini, Hujan Disertai Petir Masih Akan Terjadi di Wilayah Kepri

INTREN.ID, BATAM – Prakiraan cuaca untuk Kepulauan Riau (Kepri) pada Senin (22/6/2020) pagi ini masih akan diguyur hujan. Baik hujan secara lokal hingga hujan dengan intensitas sedang. Sebagaimana dilansir dari laman resmi Badan Meteorologi Klimatologi Dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas 1 Hang Nadim Kepri.

Forecaster BMKG klas 1 Batam Aprilia S menyampaikan, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di wilayah Kecamatan Kundur Barat, Kundur Utara, Karimun, Buru, Belat, Senayang, Galang, dan sekitarnya. Serta dapat meluas ke wilayah Kecamatan Meral, Tebing, Meral Barat, dan sekitarnya.

“Beberapa wilayah lainnya juga diperkirakan terjadi hujan, namun dengan intensitas yang berbeda-beda,” ucap Aprilia.

Diperkirakan, hujan tersebut akan mengguyur wilayah Kepri secara merata hingga malam hari dengan intensitas yang sama.

Pada cuaca tersebut, kecepatan angin di wilayah Kepri berkisar antara 5-25 KM per jam dengan arah angin dari selatan, dan suhu relatif lebih rendah berkisar antara 3-30 derajat celsius dan kelembapan di angka 70-98 persen.

Untuk prakiraan cuaca di wilayah perairan seperti Riau, Bintan, Lingga dan Utara Bangka, Batam dan Selat Berhala akan terjadi hujan lokal, dengan arah angin dari tenggara-selatan. Gelombang di enam perairan tersebut diprediksi hanya sedang di angka 0,5 hingga 1,5 Meter dengan kecepatan angin 4-18 Knot.

Hujan juga akan terjadi di sebelas wilayah pelayanan perairan seperti Laut Natuna Utara; utara Anambas; Subi-Serasan; Singkawang-Sambas; Pontianak-Mempawah; Ketapang; Kendawangan; perairan; Kepulauan Karimatra; selatan Anambas; barat Natuna; utara Natuna dan selatan Natuna-Pulau Midai, dengan intensitas ringan hingga sedang, dengan kecepatan angin 2-20 Knot, dan tinggi gelombang mencapai angka 0,0-2,5 meter.

Sedangkan untuk perairan Laut Natuna akan terjadi hujan intensitas lebat, dengan arah angin dari timur-selatan dan kecepatan angin di angka 2-15 Knot, dengan tinggi gelombang di angkasa 0,5-1,5 meter. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.