Avrist Simple Start, Inovasi Asuransi Kesehatan Digital dari Avrist Assurance untuk Generasi Milenial

INTREN.ID, JAKARTA – Berdasarkan data dari Profil Generasi Millenials milik Badan Pusat Statistik (BPS), dari total 100 persen penduduk Indonesia, 33,75 persen adalah generasi milenial. Kontribusi dalam perkembangan perekonomian nasional juga cukup krusial.

Sebagai gambaran, pendapatan domestik bruto (PDB) sektor ekonomi kreatif meningkat dari Rp 784 triliun pada tahun 2014 menjadi Rp 1,105 triliun pada 2018. Tetapi, berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), tingkat literasi keuangan generasi milenial termasuk rendah. Usia 18-25 tahun dengan tingkat literasi 32,1 persen, sedangkan usia 25-35 tahun memiliki tingkat literasi 33,5 persen.

Fastwork Indonesia, platform startup talent marketplace dari Thailand yang memiliki lebih dari 12.000 freelancer profesional, di mana 63 persennya berada dalam kategori usia milenial, mendapatkan temuan yang menarik terkait dengan asuransi dan investasi dalam sebuah diskusi dan riset internal untuk lebih memahami kebutuhan para freelancer-nya.

Dari riset tersebut diketahui bahwa freelancer usia milenial yang telah memiliki asuransi kesehatan di luar BPJS kesehatan baru sebesar 35,3 persen. Selain itu, sebanyak 47,1 persen freelancer yang tergabung Fastwork Indonesia berpendapat bahwa asuransi kesehatan itu sifatnya penting dan wajib, 41,2 persen berpendapat penting namun tidak wajib, dan 11,8 persen berpendapat tidak penting dan tidak wajib.

Selain itu, tiga faktor utama yang menjadi daya tarik bagi mereka dalam memilih asuransi kesehatan adalah harga premi terjangkau, bisa untuk rawat jalan, serta premi dapat dikembalikan jika tidak ada klaim.

Menjawab kebutuhan generasi milenial tersebut, Avrist Assurance memperkenalkan sebuah solusi digital bernama Avrist Simple Start, yaitu produk on-demand e-insurance perdana dari Avrist Assurance yang secara khusus tersedia di shop.avrist.com, sebuah e-commerce yang dirancang khusus oleh Avrist Assurance untuk memudahkan generasi milenial dalam mengakses perlindungan kesehatan berbasis online.

“Kami telah memasarkan Avrist Simple Start dari awal tahun ini. Strategi promosi dan pemasaran pun khusus kami muarakan 100 persen ke ranah digital, termasuk di dalamnya adalah edukasi berkelanjutan mengenai kemudahan dan kepentingan berasuransi sejak dini,” papar Head of Corporate Marketing Communications PT Avrist Assurance, Ernest Febrianto.

Sementara, Marketing & Partnership Manager Fastwork, Miera Rahayu memaparkan, hingga Oktober 2020, jumlah freelancer yang terdaftar di Fastwork Indonesia bertumbuh sebesar 87 persen dibandingkan dengan Desember 2019. Sebanyak 67 persen dari mereka menggunakan Fastwork sebagai platform untuk mencari pekerjaan sampingan, dan 33 persen dari mereka adalah murni freelancer.

“Ini menunjukkan bahwa generasi milenial adalah generasi yang berjiwa kreatif dan penuh inisiatif dalam mencari peluang penghasilan di tengah pandemi. Karena itu, dalam memilih asuransi kesehatan pun akan diperlukan produk yang memberi berbagai kemudahan dan bernilai lebih, sesuai dengan jiwa mereka yang mengutamakan fleksibilitas dan ngga mau ribet,” katanya.

Avrist Simple Start hadir dengan beragam keunggulan untuk memudahkan nasabah generasi milenial dalam menikmati pelayanan perlindungan kesehatan, seperti:

  • Pelayanan 100 persen berbasis online mulai dari registrasi, pembayaran, hingga proses klaim yang sederhana dan to the point. Sangat cocok bagi online citizens milenial yang antiribet.
  • Gebrakan proteksi yang termasuk rawat jalan. Avrist Simple Start memberikan manfaat yang lengkap, mulai dari rawat inap hingga rawat jalan (termasuk biaya perawatan gigi). Ini merupakan gebrakan baru sebagai produk asuransi kesehatan individu digital, karena umumnya, asuransi kesehatan individu hanya meng-cover biaya rawat inap.
  • Premi yang ramah di kantong, dapat dibayarkan secara tahunan maupun bulanan. Harga premi bulanan mulai dari Rp 198.000 per bulan dan dapat disesuaikan dengan jenis proteksi yang dibutuhkan nasabah.
  • On-demand service sebagai hasil kolaborasi dengan Halodoc di mana nasabah dapat merasakan pengalaman kemudahan digital seperti Digital Cashless Outpatient (DCO/Rawat Jalan Tanpa Uang Tunai), serta on-demand service seperti 24/7 konsultasi dokter online, 24/7 preskripsi dan pembelian obat secara online, serta pengantaran obat dengan jasa kurir online.
  • Premi 100 persen kembali pada tahun kelima, jika selama 60 bulan masa premi nasabah tidak mengajukan klaim.

Chief Marketing Officer Halodoc, Dionisius Nathaniel menjelaskan, sebagai perusahaan teknologi yang menyederhanakan akses layanan kesehatan, Halodoc senantiasa berkomitmen untuk menjadi #TemanHidupSehat bagi keluarga Indonesia.

“Kami percaya bahwa kerja sama dengan berbagai pihak, dalam hal ini dengan Avrist Assurance, sangat krusial guna mewujudkan Indonesia yang sehat, terutama di era pandemi ini. Melalui produk Avrist Simple Start, para nasabah dapat menikmati layanan konsultasi dokter hingga pembelian obat pada platform Halodoc. Tentunya ini memudahkan nasabah untuk bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang optimal, karena hanya perlu terhubung dengan aplikasi kami,” katanya.

Salah seorang influencer, Andrea Gunawan mengatakan, banyak pengikut media sosial yang memberikan testimoni jujur bahwa Avrist Simple Start merupakan produk yang menjawab kebutuhan generasi milenial, terlebih para pekerja lepas.

“Banyak yang bercerita, bahwa Avrist Simple Start merupakan produk dengan premi terjangkau dan sederhana untuk dipahami, namun memiliki manfaat yang sangat lengkap, mulai dari rawat inap hingga rawat jalan, serta pelayanan yang seluruhnya berbasis online. Itulah sebabnya produk ini menjadi pilihan yang tepat bagi generasi milenial untuk memiliki asuransi kesehatan,” jelasnya.

Avrist Assurance senantiasa berupaya mewujudkan visinya, yaitu satu polis di setiap rumah tangga di Indonesia. Visi tersebut diwujudkan dengan menyediakan ragam solusi cerdas untuk perlindungan finansial keluarga Indonesia, mulai dari produk individu yang dipasarkan oleh kanal agency hingga produk asuransi kumpulan.

Tulang punggung utama Avrist Assurance tetap bersumber dari kanal agency yang memasarkan produk perlindungan individu. Ke depannya, Avrist Assurance juga akan mengadopsi akselerasi digital bagi kanal agency dengan menyediakan aplikasi untuk para agen pemasaran.

Kini ragam solusi cerdas dari Avrist Assurance semakin lengkap dengan hadirnya Avrist Simple Start yang dipasarkan melalui kanal digital.

Pada bulan September 2020, Avrist Assurance, sebagai perusahaan asuransi terkemuka dengan pengalaman lebih dari 40 tahun untuk menyediakan satu polis di setiap rumah tangga di Indonesia, mencatat risk based capital (RBC) sebesar 371 persen, jauh di atas 120 persen standar yang ditetapkan oleh OJK.

Avrist Assurance pun dipercaya untuk mengelola aset lebih dari Rp 11 triliun. Pada tahun 2010, Avrist menjalin kemitraan dengan Meiji Yasuda Life Insurance Company yang merupakan salah satu pemimpin pasar industri asuransi jiwa di Jepang dengan pengalaman lebih dari 130 tahun. Dengan kondisi keuangan yang sehat dan stabil, Avrist Assurance berkomitmen untuk senantiasa memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh keluarga Indonesia.

“Kami mengundang teman-teman milenial untuk merasakan kemudahan dan kesederhanaan Avrist Simple Start. Pembelian asuransi ini dapat dilakukan dari mana saja! Baik dari rumah, kafe favorit, atau pusat kebugaran, karena calon nasabah hanya cukup klik shop.avrist.com, pilih nilai premi dan manfaat proteksi yang diinginkan, lalu bayar secara cashless menggunakan kartu kredit, maka proteksi dari Avrist Assurance pun langsung melindungi kesehatan kita,” tutup Ernest. (***)

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.