Aturan Masuk ke Balikpapan lewat Darat Semakin Ketat, Rapid Antigen Bakal Diberlakukan secara Acak

INTREN.ID, BALIKPAPAN – Kasus baru terkonfirmasi positif Covid-19 bertambah lagi sebanyak 124 kasus di Kota Balikpapan. Sementara itu, penderita yang sudah menyelesaikan isolasi mandiri sebanyak 102 kasus, dan satu orang dilaporkan meninggal dunia.

Hal tersebut disampaikan Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi selaku Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kota Balikpapan saat pers rilis di depan kantor wali kota, Kamis (21/1/2021).

Di kesempatan yang sama, Rizal memaparkan akan melakukan pengawasan ke tempat kerja atau perkantoran pada masa PPKM melalui Dinas Ketenagakerjaan Kota Balikpapan demi menekan penyebaran Covid-19.

“Berdasarkan hasil monitoring penerapan WFH (work from  home) saat ini hanya dijalankan di perkantoran pemerintah, seharusnya ini berlaku juga bagi perkantoran swasta”, ujarnya.

Seperti yang diketahui, di masa PPKM kali ini perkantoran wajib menerapkan sistem bekerja dari rumah (WFH) hingga 75 persen dan 25 persen sisanya diperbolehkan bekerja di kantor. Menurut Rizal Effendi, tingkat kepatuhan perkantoran terhadap aturan tersebut masih minim.

Upaya lain juga dilakukan Pemerintah Kota Balikpapan demi mengurangi tingkat penyebaran Covid-19 di jalur darat yang saat ini masih dalam tahap persiapan.

“Untuk persiapan, saat ini kami sudah menerima sebanyak 1000 rapid antigen dari BNPB yang disalurkan dari pemerintah provinsi yang nantinya sebagian rapid antigen tersebut akan digunakan didaerah perbatasan jalur darat Kota Balikpapan,” ungkapnya.

Dikesempatan yang sama, Sekretaris Satpol PP, Silvia Rahmadina melaporkan hasil kegiatan penertiban pada masa
PPKM per tanggal 21 Januari 2021 dengan total 142 pelanggar dengan rincian 82 pelaku usaha dan 60 perorangan, sehinggan total rekapitulasi sampai dengan hari ini sebanyak 626 pelanggar.

“Secara garis besar, pemberlakuan jam malam mulai terlihat efektif karna tingkat kesadaran masyarakat sudah cukup tinggi, oleh karna itu saya mengucapkan terima kasih kepada masyarakat karna tetap mematuhi peraturan yang ditetapkan oleh Pemerintah Kota Balikpapan,” ungkapnya. (***)

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.