ASN Bontang Bagikan Paket Sembako untuk Petugas Kebersihan

Sumbangan Sukarela dan Bentuk Kepedulian di Tengah Pandemi Virus Corona

INTREN.ID, BONTANG – Kepedulian sosial ditunjukkan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkot Bontang di masa pandemi virus corona baru (Covid-19). ASN membagikan lebih dari 500 paket sembako kepada para petugas kebersihan, petugas pertamanan, dan beberapa petugas terdampak Covid-19 lainnya, Rabu (15/4/2020) di Pendopo rumah jabatan (Rujab) Wali Kota, Jalan Awang Long, Bontang Baru.

Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni yang hadir dalam acara pembagian ini mengatakan, selain paket sembako, dana dari hasil sumbangan sukarela ASN Pemkot Bontang ini juga akan dibelikan masker dan alat Rapid Test sebanyak 100 unit. Karena menurutnya, masih ada beberapa klaster masyarakat yang harus diperiksa.

“Kami mengimbau kepada semua untuk tetap menjaga diri. Melakukan social distancing dan physical distancing, dan selalu memakai masker,” imbaunya.

Lebih lanjut Neni berharap dan meminta doa kepada semuanya agar wabah pandemi Covid-19 ini bisa segera berakhir. Sehingga semuanya dapat melaksanakan aktivitas seperti sedia kala.

- ADVERTISEMENT -

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bontang, Agus Amir menambahkan, saat ini para petugas kebersihan khususnya pengangkut sampah dan petugas yang bekerja di Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Bontang Lestari mendapatkan pengawasan ketat. Mereka diwajibkan memakai masker, sarung tangan, dan rutin diberikan suplemen penambah gizi dan vitamin.

Pengawasan ini dilakukan untuk memberikan pencegahan agar mereka juga tidak ikut tertular penyakit, khususnya Covid-19. Selain itu, mobil truk pengangkut sampah yang masuk maupun keluar TPA juga disemprot cairan disinfektan untuk membuhun virus atau bakteri berbahaya yang mungkin saja ada di tumpukan sampah yang dibawa.

“Kalau sampah dari hasil medis itu sudah tertangani sendiri. Yang kita tidak tahu adalah sampah dari masyarakat. Bisa jadi dari sampah yang mereka buang ada penyakit berbahaya di situ. Sehingga hal inilah yang coba kami antisipasi,” tegas Agus Amir. (***)

Reporter: Bambang Al-Fatih

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.