Arab Saudi Putuskan Tetap Selenggarakan Ibadah Haji Tahun Ini, Tetapi…

INTREN.ID – Teka-teki penyelenggaran ibadah haji tahun ini di Arab Saudi akhirnya terjawab. Pemerintah Arab Saudi memutuskan tetap menyelenggarakan ibadah haji, namun hanya terbatas untuk jemaah dari berbagai negara yang kini sedang berada di dalam negeri.

Pun demikian, dengan ancaman penularan virus corona baru (Covid-19) yang masih membayangi, kegiatan ibadah haji ini nantinya diselenggarakan dengan penerapan langkah-langkah menjaga jarak.

Kebijakan ini diambil Arab Saudi lantaran pandemi Covid-19 masih terus terjadi. Malahan angka kasusnya terus meningkat. Ketiadaan vaksin dan sukarnya penerapan jarak sosial bagi jemaah dari luar negeri menjadi pertimbangan penerapan kebijakan ini. Dalam hal ini Arab Saudi melarang jemaah dari luar negeri datang ke Arab Saudi.

- ADVERTISEMENT -

Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi menyatakan, hal ini diputuskan demi meyakinkan bahwa penyelenggaraan ibadah haji dengan cara yang aman dari perspektif kesehatan masyarakat. Sembari memperhatikan semua tindakan pencegahan dan protokol jaga jarak yang diperlukan untuk melindungi manusia dari risiko penularan Covid-19.

“Dan sesuai dengan ajaran Islam dalam melestarikan kehidupan manusia,” sambung kementerian dalam siaran kantor berita Arab Saudi.

Diketahui, dalam dua pekan terakhir kasus positif Covid-19 di Arab Saudi meningkat signifikan. Tercatat pasien positif sudah melampaui 160 ribu pasien, dengan 1.307 orang meninggal dunia. (***)

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.