Arab Saudi Pasang Gerbang Sterilisasi Canggih di Pintu Masuk Masjidil Haram

Upaya Pencegahan Penularan Virus Corona

INTREN.ID – Rencana Arab Saudi membuka kembali Masjidil Haram dan Masjid Nabawi dibarengi dengan upaya pencegahan penularan virus corona baru (Covid-19) yang matang. Salah satunya dengan pengadaan gerbang sterilisasi mandiri canggih di pintu masuk Masjidil Haram.

Gerbang berteknologi terbaru ini diketahui berfungsi mensterilkan orang dengan semprotan penyanitasi. Gerbang yang telah diresmikan Presidensi Umum untuk Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi ini juga dilengkapi kamera termal untuk mengecek suhu dari jarak 6 meter dan layar pintar untuk membaca suhu beberapa orang secara bersamaan dengan cepat.

Gerbang sterilisasi canggih di pintu masuk Masjidil Haram. (ist)

 

Mekanisme penggunaan gerbang ini yaitu jemaah masuk ke dalamnya, lantas cairan penyanitasi disemprotkan dari kepala hingga kaki. Menariknya, cairan penyanitasi itu nyaris tak terlihat membuat pakaian basah.

- ADVERTISEMENT -

Diketahui, sebanyak lebih dari 33 ribu orang telah terjangkiti Covid-19 di Arab Saudi. Angka kematian akibat virus asal Wuhan, Tiongkok ini mencapai 219.

Kepala Presidensi Umum Dua Masjid Suci, Syekh Abdul Rahman Al-Sudais sebelumnya menyampaikan bahwa Masjidil Haram dan Masjid Nabawi akan segera dibuka kembali untuk umum. Setelah sebelumnya ditutup sebagai upaya pencegahan Covid-19, khususnya penyelenggaraan ibadah haji dan umrah.

Meski begitu, hingga berita ini diturunkan, kedua masjid itu masih dibuka secara terbatas dan belum dibuka untuk umum. (***)

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.