Apindo dan PSMTI Galang Gerakan Tiga Juta Masker untuk Warga Batam

Libatkan Relawan Jahit Cegah Penyebaran Virus Corona

INTREN.ID, BATAM – Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kepulauan Riau (Kepri) bersama Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) akan membagikan tiga juta masker kepada warga Batam. Pembagian masker ini untuk melindungi diri di tengah penyebaran virus corona baru (Covid-19).

“Untuk gerakan tiga juta masker ini ada dua jenis yang kami siapkan. Yang pertama masker medis yang kami utamakan bagi tim medis di garda terdepan. Yang kedua masker jenis kain untuk masyarakat umum,” ucap Ketua Apindo Kepri, Cahya saat ditemui di Kantor Apindo, Kompleks Ruko Pertokoan Citra Indah, Batam Center, Rabu (8/4/2020).

Cahya yang dalam kesempatan itu didampingi Ketua Koordinator Lapangan Acun Tan dan Salam Jong Tek sebagai salah satu relawan menguraikan, untuk masker kain atas hand mate masih dalam proses pengerjaan yang dikerjakan para relawan jahit. Nantinya masyarakat yang banyak bekerja di lapangan, pasar hingga para pengguna mobil sekalipun akan mendapatkan masker tersebut.

“Akan kami berikan kepada seluruh warga Batam, untuk mendukung imbauan pemerintah wajib menggunakan masker saat berada di luar ruangan. Demi menekan pencegahan penyebaran virus Covid-19,” ungkapnya.

Sementara itu, Sekertaris PSMTI Kota Batam Delvina Piododa mengatakan, perealisasian gerakan tiga juta masker dalam dua hari ini baru memproduksi sekira 30 ribu pcs. Produksinya dilakukan dengan mengajak relawan dari masyarakat Batam yang bisa menjait.

- ADVERTISEMENT -

“Hingga saat ini masih dalam tahap pengerjaan. Kami berharap secepatnya mampu kami bagikan untuk mencegah penyebaran Covid-19,” tuturnya.

Masyarakat, lanjut Delvina, harus bisa menjaga kesehatan untuk diri sendiri, keluarga dan juga orang lain. “Semuanya harus tergerak untuk menghentikan penyebaran Covid-19,” kata Delvina yang juga menjabat sebagai wakil sekretaris Apindo Kepri.

Sementara itu Ketua Tim Gugus Tugas Gerakan Tiga Juta Masker Andy Chandra menyampaikan, dalam beberapa hari ini pihaknya sudah bekerja secara maksimal untuk menyiapkan bahan baku masker. Mulai dari pemotongan kain, pomotongan karet, serta pengepakan.

“Untuk saat ini baru ada beberapa relawan jahit saja yang tergerak membantu merelaksasi gerakan tiga juga masker. Kami harapkan masker ini dalam waktu dekat siap diproduksi agar secepatnya dibagikan untuk masyarakat Batam,” tandas Andy. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.