Antusiasme Donor Menurun karena Corona, Stok Darah di PMI Batam Kosong

INTREN.ID, BATAM – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Batam menyampaikan informasi terkait kekosongan stok darah yang dialami sejak beberapa bulan terakhir. Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI kota Batam dr Novi menuturkan, kekosongan stok darah tersebut telah terjadi sejak Maret 2020 di mana pandemi covid-19 telah menyebar.

Kata dia, sejak pandemi Covid-19 minat masyarakat Batam untuk berdonor darah menurun drastis. Karena pada waktu normal, rak penyimpanan kantong darah bisa terisi hingga penuh.

“Sebenarnya stok darah kami ada, tetapi sangat menipis. Seperti golongan darah O yang saat ini tersisa hanya 28 kantong,” ucap Novi saat dihubungi intren.id, Jumat (21/8/2020).

Hal ini tentunya sangat menghawatirkan. Karena kebutuhan darah di Kota Batam dalam satu hari mencapai 60 kantong untuk seluruh golongan darah.

“Saat ini kami melayani sekira 20 rumah sakit. Jadi apabila ada permintaan darah hingga empat kantong, kami akan berikan satu saja. Sementara untuk kekurangannya kami minta dari pihak keluarga untuk mendonorkan,” ungkapnya.

Hal itu diterapkan untuk tetap menjaga ketersediaan stok darah di PMI karena masih rendah pendonor darah. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.