Antisipasi Penyebaran Covid-19, KPU Batam Tunda Tahapan Pilkada 2020

Sesuai SK dan Edaran Pusat untuk Mencegah Penyebaran Virus Corona

INTREN.ID BATAM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam akan menunda tahapan pelantikan anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kota Batam, Senin (23/3/2020). Penundaan ini sesuai Surat Keputusan (SK) KPU Nomor 179 tahun 2020 dan Surat Edaran (SE) KPU RI Nomor 8 tahun 2020 tentang pelaksanaan SK Nomor 179.
Anggota KPU Batam William Seipattiratu menyampaikan, pelantikan tersebut sejatinya dijadwalkan Ahad (22/3/2020) kemarin. “Untuk penundaan ini, kami ikuti arahan dari pusat,” ucap William, Senin (23/3/2020).

Dikatakan oleh William, penundaan ini juga merujuk imbauan Wali Kota Batam, Gubernur Kepri dan pemerintah pusat untuk meniadakan kegiatan yang melibatkan orang ramai. Tujuannya tak lain mencegah penyebaran virus Corona baru (Covid-19).

Beberapa tahapan yang ditunda berdasarkan SK dan edaran tersebut di antaranya pelantikan anggota PPS se-Kota Batam, juga verifikasi faktual bakal pasangan calon (Bapaslon) perseorangan pada 26 Maret sampai 15 April nanti.

“Serta perekrutan LPDP serta pencocokan daftar pemilih (coklat),” urainya.

- ADVERTISEMENT -

Setidaknya ada 192 orang PPS yang akan dilantik di lima titik kota Batam. Yaitu kecamatan Batam Kota, Seibeduk, Bengkong, Batuaji dan kantor kecamatan Galang. Soal penundaan ini, KPU juga sudah melakukan rapat koordinasi dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Batam.

“Sudah kita lakukan rapat dengan stakeholder terkait (Bawaslu) dan akan kita buat SK penundaan agar masyarakat luas juga mengetahui informasi ini,” ujarnya.

“Mengenai batas waktu penundaan, KPU Batam tetap menunggu arahan atau keputusan KPU RI terkait kapan dimulai kembali tahapan ini,” pungkas William. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.