Antisipasi Penularan Corona, Wali Kota Batam Liburkan Sekolah

INTREN.ID, BATAM – Kebijakan meliburkan sekolah sebagai antisipasi virus corona baru (Covid-19) turut diambil Pemerintah Kota (Pemko) Batam. Wali Kota Batam Muhammad Rudi menginstruksikan kepada seluruh satuan pendidikan untuk meniadakan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka, Senin (16/3/2020).

Keputusan tersebut diambil setelah Rapat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kota Batam, perihal Pembentukan Tim Penanganan Covid-19 Kota Batam, yang berlokasi di asrama Haji Batam. Satuan pendidikan yang dituju adalah PAUD, SD hingga SMP yang masih menjadi kewenangan pemko.

“Mengenai Sekolah di tingkat SMA, keputusan tersebut ada di tingkat Provinsi,” kata Rudi.

Dalam keputusan yang telah ditetapkan, kegiatan belajar di rumah akan menggunakan sistem e-learning atau belajar secara online. Yaitu melalui grup obrolan para siswa yang dikendalikan oleh guru masing-masing mata pelajaran.

“Kegiatan belajar di rumah tersebut akan berlaku sejak 17 Maret hingga 30 Maret 2020 mendatang,” jelasnya.

Para guru masih diwajibkan masuk bekerja untuk memantau perkembangan murid dari gadget dan menyelesaikan administrasi pembelajaran serta tugas lainnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Batam Hendri Arulan menyatakan, pihaknya telah memberikan surat edaran kepada seluruh satuan pendidikan di seluruh Kota Batam dan sekitarnya. Serta imbauan kepada para orang tua siswa bahwa momen ini jangan digunakan untuk bepergian ke tempat publik atau rekreasi lainnya.

- ADVERTISEMENT -

“Hal ini diambil untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona. Jadi jangan sampai ada yang bepergian keluar rumah untuk hal-hal yang tidak mendesak,” ucap Hendri.

Sementara jika harus keluar rumah, Hendri menyarankan untuk selalu menjaga kebersihan, terutama tangan dan menggunakan masker.

Di lokasi berpisah, Kepala Sekolah SMPN 3 Batam Wiwik Darwiyati juga telah mengadakan rapat kepada seluruh guru untuk meneruskan keputusan dari Wali Kota Batam.

“Sudah kami rapatkan dengan seluruh guru dan langsung kami sampaikan kepada seluruh murid. Nanti juga akan kami teruskan kepada para wali murid,” kata Wiwik.

Mengenai pelaksanaan UTS peserta perlombaan lainnya, pihaknya masih menunggu instruksi selanjutnya dari Pemko Batam. Sementara mengenai penyemprotan disinfektan atau sterilisasi ruangan sekolah, pihaknya akan berkoordinasi dengan instansi terkait agar bisa segera mungkin untuk dilakukan. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.