Anies Kutip Sabda Rasulullah, Ingatkan Jemaah Salat Waspada Covid-19

INTREN.ID, JAKARTA – Menjelang pelaksanaan salat Jumat berjemaah, Jumat (13/2/2020), Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan peesan kepada umat Islam. Pesan yang disampaikan terkait virus Corona (Covid-19) yang kini telah menjadi pandemi global. Apalagi di Indonesia dan di Jakarta secara khusus, kasusnya masih terus bertambah.

Mengutip sabda Rasulullah Muhammad SAW, Anies mengingatkan umat Islam untuk tidak mendatangi wilayah terjangkit Covid-19. “Rasulullah SAW pernah bersabda jika kalian berada di sebuah tempat yang terserang wabah, maka janganlah kalian keluar darinya. Apabila kalian mendengar wabah itu di suatu tempat, maka janganlah kalian mendatanginya,” kata dia.

- ADVERTISEMENT -

Anies lantas mengutip ucapan sahabat Nabi yang juga khalifah kala itu, Umar bin Khattab. Umar pernah pula mengatakan bahwa menghindari wabah bukanlah lari dari takdir Allah, tetapi berpindah dari satu takdir Allah ke takdir Allah yang lain.

“Oleh karena itu, kewaspadaan atas wabah ini harus kita tingkatkan. Prinsipnya memang sederhana. Jangan panik tapi jangan pula menganggap enteng, jangan meremehkan,” sebut orang nomor satu di DKI Jakarta itu.

Untuk itu, Anies meminta masyarakat muslim Jakarta untuk memperhatikan dengan seksama beberapa pesan yang dia sampaikan. Pertama, saat berjemaah salat Jumat dan kegiatan salat jemaah lainnya di Masjid, agar membawa sajadah sendiri atau sapu tangan untuk alas sujud. Kedua, cuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah kegiatan salat Jumat.

“Ketiga, untuk sementara waktu hindari jabat tangan. Hindari cium pipi. Gunakan metode lain untuk saling bersapa tanpa harus bersentuhan,” tuturnya. “Keempat, bila sedang flu, sedang batuk, maka gunakan masker. Dan bila tiba-tiba akan batuk atau bersin, maka tutupi mulut dan hidung dengan tisu, atau dengan lipatan siku tangan,” sambung Anies.

Pria yang pernah menjabat Menteri Pendidikan ini lantas berpesan kepada pengurus masjid, agar pada saat pengumuman menjelang salat, selalu selipkan pesan kewaspadaan tentang wabah ini kepada seluruh jemaah. Ingatkan untuk rajin cuci tangan dengan sabun dan hindari sentuhan fisik untuk sementara waktu

“Yang kedua, bantu jemaah dengan menyediakan sabun di area-area wudhu. Yang ketiga, saya berpesan agar proses pembersihan masjid ditingkatkan dan ditingkatkan. Ini amat penting sekali. Mari kita sama-sama meningkatkan kewaspadaan sebagai wujud tanggung jawab kita atas keselamatan seluruh warga Jakarta. Mari kita tingkatkan doa dan tawakal kepada Allah. Semoga kota kita terhindar dari cobaan wabah ini,” pungkasnya. (***)

Reporter: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.