Anggota DPRD Bontang Tolak Bongkar Muat Batu Bara di Pelabuhan Loktuan, Ini Alasannya

INTREN.ID, BONTANG – Pemerintah mendapat pengajuan penggunaan Pelabuhan Umum Loktuan menjadi tempat bongkar muat batu bara. Kendati permohonannya sudah masuk ke organisasi perangkat daerah (OPD) terkait, namun hingga saat ini belum ada keputusan.

Anggota Komisi II DPRD Bontang, Sumaryono menyampaikan keberatannya. Dirinya dengan tegas menolak rencana bongkar muat di pelabuhan yang terletak di utara Kota Taman tersebut.

“Pemkot Bontang harus mengkaji dulu persoalan ini, saya tidak setuju adanya aktivitas bongkar muat di Pelabuhan Loktuan. Nanti warga yang jadi korbannya,” tegasnya.

Menurutnya, faktor keselamatan warga juga harus diperhatikan. Pelabuhan Loktuan berada dekat dengan permukiman. Selain persoalan sosial, kesehatan juga jadi potensi.

“Selain mengganggu kenyamanan dan menimbulkan kemacetan, juga sangat berpotensi mengganggu kesehatan warga Loktuan. Jangan sampai niatnya menambah penghasilan daerah, namun justru menyengsarakan warga,” katanya.

Sumaryono justru menyarankan agar lokasinya dipindah, jauh dari permukiman. Salah satu yang diusulkannya adalah Kelurahan Bontang Lestari. “Bontang Lestari ini jauh dari permukiman, bisa jadi alternatif,” tutupnya. (***/adv)

Reporter: Herdianto

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.