Andre Taulany dan Rina Nose Dilaporkan ke Polisi, Ada Apa?

INTREN.ID, JAKARTA – Pembawa acara Andre Taulany kembali menuai kontroversi. Kali ini bersama komedian perempuan Rina Nose, dia dilaporkan ke Polda Metro Jaya lantaran dianggap menghina marga Latuconsina.

Dugaan penghinaan itu terjadi Ahad (17/5/2020) dalam talk show di stasiun televisi NET TV. Dalam tayangan tersebut, Rina dan Andre memplesetkan nama marga aktris Prilly Latuconsina. Plesetan yang awalnya hanya candaan itu lantas berujung kemarahan dari sekelompok warga bermarga Latuconsina.

Alhasil, seorang warga bernama Ruswan Latuconsina melaporkan keduanya ke Polda Metro Jaya karena dianggap telah menghina dan menyinggung marga Latuconsina.

Kepada awak media, Ruswan mengaku menjadi perwakilan kemarahan warga yang memiliki marga Latuconsina. Pihaknya merasa tidak senang dengan candaan Andre dan Rina yang diduga telah menghina marganya sekalipun menyebut nama Prilly Latuconsina.

“Pihak keluarga dari Ambon juga semua sudah satu suara untuk melaporkan yang bersangkutan,” kata Ruswan.

Dalam pelaporan ini, dia mengklaim memiliki bukti kuat untuk membawa Andre dan Rina ke jalur hukum. Bukti yang dimaksud adalah rekaman video saat Andre dan Rina memplesetkan nama marga Latuconsina.

- ADVERTISEMENT -

Menanggapi laporan tersebut, Rina Nose menyatakan meminta maaf kepada semua keluarga besar Latuconsina. Dia mengaku memplesetkan nama itu tanpa bermaksud menghina marga Latuconsina. Malahan Rina menyatakan baru tahu bila nama Latuconsina merupakan nama marga di Maluku.

“Saya kira nama belakang Prilly, Latuconsina itu nama bule Indo. Jadi murni dari ketidaktahuan saya dan kami berdua,” aku Rina.

Sementara Prilly Latuconsina yang menjadi objek candaan memahami bila apa yang dilakukan Andre dan Rina tidak bermaksud melakukan penghinaan. Apalagi Rina tidak tahu bila nama belakangnya adalah nama marga.

Di satu sisi, Prilly juga memahami bila ada masyarakat bermarga Latuconsina yang tersinggung dengan candaan tersebut. Lantaran sebagai nama marga, tentu memiliki nilai kesakralan tersendiri.

Namun demikian pada momen Ramadan ini, dia menyarankan agar semua pihak dapat saling memaafkan. Terlebih tidak ada maksud dari Andre dan Rina untuk melakukan penghinaan. Kedua selebritis itu sendiri telah meminta maaf kepadanya.

“Aku tahu banget, Kak Rina Nose dan Pak Andre itu memang tidak punya niat sama sekali untuk meledek. Apalagi mereka juga enggak tahu kalau Latuconsina itu adalah nama keluarga,” sebut Prilly. (***)

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.