Aliansi Mahasiswa Tuntut Gaji DPRD Batam Dipotong

Harapkan Empati dalam Penanganan Wabah Virus Corona

INTREN.ID BATAM – Wabah virus corona baru (Covid-19) turut menjadi perhatian mahasiswa. Para mahasiswa yang tergabung dalam aliansi Mahasiswa Batam meminta kepada DPRD Batam untuk segera mengambil langkah konkret terkait pandemi Covid-19.

Dalam hasil rapat pada Kamis (26/3/2020) lalu, ketua forum aliansi mahasiswa Batam Muhamad Rifai meminta DPRD Batam untuk memberikan empatinya. Yaitu dalam bentuk pemotongan gaji para anggota dewan sebesar 50 persen dalam upaya melawan Covid-19 di Batam.

Hasil rapat tersebut meminta DPRD Batam memberikan jaminan kepada para pekerja dan petugas kesehatan yg masih bekerja hingga saat ini.

“Kami meminta DPRD memperhatikan secara khusus di bidang kesehatan, ekonomi dan keamanan masyrakat. Terkhusus pada dapilnya masing-masing,” kata Rifai membacakan pernyataan sikapnya, Jumat (27/3/2020) malam.

Dengan berbagai penanganan yang dilakukan, mahasiswa mendukung penuh Kebijakan pemerintah dalam penanganan Covid-19. Sesuai dengan standar operasional kesehatan yang berlaku.

“Kami juga berharap agar DPRD kota Batam segera merealisasikan langkah-langkah tersebut,” pintanya.

- ADVERTISEMENT -

Permintaan aliansi mahasiswa itu mendapat tanggapan dari Ketua Fraksi PDI Perjuangan di DPRD Batam Putra Yustisi Respaty. Kata dia perihal penyisihan gaji, telah diinstruksikan langsung oleh Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. Semua kader PDIP se-Indonesia diminta membantu dengan caranya masing-masing.

Salah satunya yang telah dilakukan oleh legislatif dan eksekutif adalah penyisihan gaji. “Dan untuk fraksi di Kota Batam telah dilakukan,” kata Putra, Sabtu (28/3/2020).

Dia menyatakan, pemotongan gaji tersebut akan dilakukan April dan terus berlangsung hingga kondisi kembali normal.

“Hal ini telah kami rencanakan dari beberapa waktu lalu. Untuk bisa bersama dengan pemerintah melakukan perlawanan terhadap virus Covid-19,” ucapnya.

Adapun upaya lain yang akan dilakukan, PDI Perjuangan telah berkoordinasi dengan Pemko Batam dan Masyarakat agar kondisi di Batam tidak semakin buruk. (***)

Reporter: Agung Maputra
Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.